Basarnas Kendari Giat Rapat FKP3 Tahun 2021

waktu baca 3 menit
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari, Aris Sofingi. Foto: Dok. Humas Basarnas Kendari. Selasa (23/3/2021).

KENDARI, TP – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari menggelar rapat Sosialisasi Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) di Hotel Swissbel, Kota Kendari, Selasa (23/3/2021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari, Aris Sofingi, dan dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari instansi serta organisasi masyarakat.

Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan merupakan forum yang dibentuk oleh Basarnas sebagai wadah untuk koordinasi, komunikasi dan sinergi antar potensi pencarian dan pertolongan baik instansi, organisasi dan perorangan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari, Aris Sofingi, dalam sambutan pembukaannya berpesan kepada seluruh tamu undangan untuk tetap menjalani protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah serta jadikan kegiatan ini tetap sefety dan pengetahuan tentang pencarian dan pertolongan.

“Ini adalah bagian dari budaya hidup dilingkungan kita masing-masing sehingga kita dapat menjadi bangsa yang kuat dan siap menghadapi apapun jenis musibah yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Kata Arif Sofingi, maksud kegiatan ini adalah melaksanakan fungsi forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan  melalui pengendalian dengan menyelenggarakan wadah bagi seluruh potensi pencarian dan pertolongan Basarnas.

“Tujuannya untuk merumuskan arah kebijakan pembinaan potensi  pencarian dan pertolongan. Serta  membangun dialog yang konstruktif dan konsultatif tentang isu-isu pencarian dan pertolongan. Mendorong dan mengembangkan pemahaman yang sama diantara potensi pencarian dan pertolongan, mengembangkan program pembinaan untuk peningkatan kapasitas potensi pencarian dan pertolongan,” ujarnya.

Aris Sofingi berharap, dengan kegiatan ini sebagai forum yang dapat menyatukan visi dan misi dalam pelaksanaan operasi SAR saat terjadi kondisi kedaruratan di wilayah kerja Kantor SAR Kendari.

“Dengan adanya forum ini juga diharapkan akan dapat meningkatkan kapabilitas potensi pencarian dan pertolongan melalui perencanaan dan penyusunan program-program kerja di masa yang akan datang,” katanya.

Selain itu melalui forum ini bisa meningkatkan kompetensi pembuatan rencana kontijensi, diseminasi dan ide-ide progresif di bidang pencarian dan pertolongan lainnya di wilayah kerja Kantor SAR Kendari.

Adapun beberapa materi yang di Sosialisasikan sbb:
– Evaluasi dukungan potensi dalam pelaksanaan operasi SAR yg dibawakan oleh Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi.
– Sosialisasi Peraturan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang dibawakan oleh Subkoordinator Substansi Pengelolaan Potensi Basarnas Eddy Herryanto.
– Pelibatan Potensi SAR sebagai tenaga utama dalam operasi SAR yang dibawakan oleh Subkoordinator Substansi Pengelolaan Potensi Basarnas Eddy Herryanto.
– Sosialisasi Aplikasi Sistem informasi Pembinaan Potensi yang dibawakan oleh Subkoordinator Substansi Pengelolaan Potensi Basarnas Eddy Herryanto.
– Penyusunan rencana program FKP3 tingkat daerah Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari yang dibawakan oleh Subkoordinator Substansi Pengelolaan Potensi Basarnas Eddy Herryanto.

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung dengan tetap memperhatikan standart pencegahan penyebaran Covid – 19, sudah mendapat rekomendasi dari gugus tugas serta telah melakukan Tes Swab antigen untuk seluruh peserta, instruktur dan panitia yang terlibat dalam kegiatan ini.

Reporter: Anto

error: Content is protected !!