Bakal Paslon Independen serahkan berkas dukungan di KPU Kolaka

waktu baca 2 menit

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Wahyuddin Alie dan Sugiarto resmi menyerahkan berkas dukungan sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kolaka 2024 lewat jalur independen atau perseorangan.

Pantauan Triaspolitika.id, Wahyuddin dan Sugiarto mendatangi sekeetariat Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kolaka pada Minggu malam sekitar pukul 23.15, beberapa menit sebelum batas waktu pengumpulan berkas syarat dukungan bacabup dan bacawabup jalur independen Pilkada Kolaka.

Sebagai informasi, calon independen wajib mengumpulkan 17.031 dukungan dalam bentuk salinan KTP warga Kolaka dari tujuh kecamatan. Adapun batas waktu pengumpulan dukungan ini adalah Minggu malam.

Ketua KPU Kolaka Abdul Rahman menuturkan, Wahyuddin Alie dan Sugiarto menyerahkan berkas dengan didampingi LO.

“Bakal calon menyerahkan berkas formulir Model B Penyerahan Dukungan KWK, Model B Jumlah Dukungan KWK serta Model B1 KWK Perseorangan dalam bentuk hardcopy dan soft file (dokumen fisik) dan digital (soft copy) tetapi tidak melalui Silon,” terang Rahman.

Kata dia, merujuk pada surat edaran KPU RI Nomor 707/PL.02.2-SD/05/2024 tanggal 12 Mei 2024 perihal Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Bentuk Fisik dan Digital.

“Bahwa Terhadap formulir B1 KWK Perseorangan yang tidak melalui Silon, Tim pemeriksa dokumen melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen persyaratan dukungan minimal dan sebarannya serta melakukan penghitungan dukungan melalui penghitungan surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung,” jelasnya.

Berdasarkan Model B Jumlah Dukungan KWK, total jumlah dukungan yang diserahkan oleh bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka tersebut sebanyak 18.348 dukungan.

“Tim Pemeriksa KPU Kolaka hingga pukul 00.21 melakukan pemeriksaan atau penghitungan dokumen B1 KWK Perseorangan,” terang sapaan akrab Om Jack.

Untuk diketahui, Calon Bupati Kolaka jalur perseorangan Wahyuddin Alie memiliki pekerjaan Wiraswasta dengan usia 59 tahun sedangkan calon wakil bupati Sugiarto juga memiliki pekerjaan swasta dengan usia 58 tahun.

error: Content is protected !!