oleh

7 Hari Pencarian Tidak Ada Hasil Operasi SAR Dihentikan

Perwakilan tim SAR gabungan di kediaman Ahmad Rizal. Foto: Dokumentasi Humas Basarnas Kendari

WAKATOBI, TP – Pencarian Ahmad Rizal asal Kelurahan Waha, Kecamatan Tomia, yang dikabarkan tenggelam dan hilang saat mencari ikan dengan cara memanah disekitar perairan Pulau Sawa, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, resmi dihentikan. Minggu (3/1/2021).

Pencarian telah dilakukan oleh tim SAR gabungan selama tujuh hari dengan cara melakukan penyisiran dengan RIB Pos SAR Wakatobi 1 Unit, Speedboat PT Tandiono Wakatobi Makmur 1 Unit, dan Longboat Nelayan 6 Unit serta melakukan penyisiran disepanjang pantai oleh warga dengan cara jalan kaki. Namun, belum juga ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi, menjelaskan sesuai undang-undang Badan pencarian dan pertolongan nomor 29 tahun 2014 apabila dalam pencarian tidak menemukan tanda-tanda target yang dicari maka operasi SAR ditutup. Namun, tidak menutup kemungkinan operasi SAR dibuka jika ada informasi tanda-tanda korban disekitar kejadian maupun dipesisir.

“Mengingat Operasi SAR telah memasuki Hari Ke- 7 dan tidak adanya tanda-tanda keberadaan korban diketemukan serta hasil koordinasi dengan pihak keluarga maka diputuskan Operasi SAR ditutup, Operasi SAR dapat dibuka kembali apabila diketemukan tanda-tanda keberadaan korban,” ujarnya.

Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Reporter: Anto

Komentar

HUKUM KRIMINAL