oleh

300 Warga Terima Buku Tabungan BSPS dari Pemkab Kolut

KOLUT, TP – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menyerahkan buku tabungan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 300 warga penerima, di Aula Kantor pertemuan Desa Awo, Kecamatan Kodeoha dan Kantor Kecamatan Katoi, Kamis (24/9/2020).

Proses penyerahan buku tabungan senilai tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah tersebut, lakukan secara simbolis oleh Bupati Kolut, Nur Rahman Umar, didampingi oleh Kadis Kominfo, Sekretaris Perumahan, Pemukiman dan Pemukiman, para ketua BPD, dan Camat.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar dalam sambutannya mengatakan, program BSPS tersebut merupakan bantuan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Pemkab Kolut melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemukiman.

Nur Rahman menilai, program tersebut merupakan salah satu bentuk kepekaan pemerintah kepada masyarakat untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar hidup, yaitu rumah layak huni.

“Saya berharap agar bantuan ini nantinya dapat bermanfaat bagi yang menerima,” ujar Nur Rahman.

Nur Rahman mengakui masih banyak kekurangan dalam penyaluran bantuan tersebut. Keterbatasan kemampuan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah membuat program tersebut masih jauh yang diharapkan. Program ini juga belum sepenuhnya menyasar semua warga yang membutuhkan.

“Sebenarnya, masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan atau menginginkan bantuan ini. Namun setelah melalui beberapa proses dan pertimbangan dari anggaran yang dipersiapkan pemerintah untuk program ini yang sangat kecil sekitar Rp5 Milliar lebih maka yang terpilih, kali ini hanya dua Kecamatan dari 15 Kecamatan di Kolut,” ungkap Nur Rahman.

Nur Rahman hanya berpesan kepada warga agar selalu bersyukur apa yang telah diberikan oleh pemerintah. Baik kekurangan dari program bantuan ini.

“Bagi warga yang belum mendapat bantuan agar bersabar. Mudah-mudahan di tahun depan, kolut bisa lagi mendapatkan program BSPS,” harap Nur Rahman.

Diketahui, Pemkab Kolut mendapat Program BSPS tahun 2020 untuk 300 Kepala Keluarga yang tersebar di dua Kecamatan yakni Kecamatan Katoi, Desa Lanipa -nipa sebanyak 37 rumah, Ujung Tobaku, 53 rumah dan Desa Katoi 74 rumah. Sementara untuk Kecamatan Kodeoha, Desa Awo sebanyak 86 rumah dan Kelurahan Mala Mala sebanyak 50 rumah. Proses pekerjaan program tersebut telah berjalan sekitar 7O persen.

Reporter : Fyan

Komentar

BERITA PILIHAN