10 Milyar PAD Kolut Belum Tercapai

waktu baca 2 menit
Bupati Kolut, Nur Rahman Umar. Foto Fyan

KOLUT, TRIASPOLITIKA.ID – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun 2021 belum mencapai target yang ditetapkan.

Dari target PAD Rp10.788.890.575 baru terealisasi sekitar Rp8.881.212.554.

Bupati Kolut Nur Rahman Umar mengatakan, target PAD Kolut telah mencapai diatas 90 persen.

Menurut Nur Rahman, belum tercapainya target PAD tahun ini terkendala diwajib pajak dan data Base PBB yang belum lengkap. Selain itu, suasana pandemi covid juga menjadi salah satu kendala.

Meski begitu, Nur Rahman optimis target PAD dapat tercapai diakhir tahun ini. Untuk mengejar target PAD tersebut, Nur Rahman akan mengoptimalkan penagihan piutang pajak.

“Di desa masih banyak yang belum menyetor pajaknya. Mungkin masih ada sekitar 25 Desa tapi pernyataan mereka akan dilunasi,” beber Nur Rahman usai menggelar rapat evaluasi PAD, di Aula Kantor Bupati Kolut, Rabu, 8/12/2021).

“Semua OPD berjanji akan menyelesaikan sisa target PAD ini,” sambung Nur Rahman.

Nur Rahman mengungkapkan, realisasi pajak di Kabupaten Kolut akan terus ditingkatkan. Mulai dari pajak hingga retribusi.

“Maka dari itu, saya meminta meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja semaksimal mungkin agar target PAD dapat tercapai,” harap Nur Rahman.

Lebih lanjut Nur Rahman mengatakan, selain pajak, retribusi juga menjadi salah satu prioritas Pemda Kolut salah satunya retribusi sarang Walet.

Menurutnya, penarikan retribusi sarang Walet masuk salah satu PAD Kolut. Dimana, penarikan item tersebut telah sesuai regulasi yang ada.

“Ini juga yang jadi kendala masih banyak yang enggang bayar padahal regulasinya jelas hanya mungkin sosialisasinya perlu ditingkatkan. Kalau toh masih enggang bayar, solusi saya nanti kita buat MoU dengan Kejaksaan untuk sama-sama menagih,” pungkasnya.

Reporter: Fyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!