oleh

USN Kolaka Terima Bantuan PHPD2 dari Kemendikbud RI

KOLAKA, TP – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menerima bantuan Program Holistic Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHPD2), Jumat (27/8/2021). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Rektor III Achmad Lamo Said M.Si yang didampingi oleh Dekan FPPP, Ka. Biro APAK, dan Ketua Pusat Karir USN Kolaka, berlangsung di Kampus USN Kolaka.

USN Kolaka, adalah salah satu Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Nadiem Makarim Menteri Kemendikbudristek, hal ini menjadi suatu terobosan yang sangat bernilai guna bagi iklim akademik diperguruan tinggi.

Universitas Sembilanbelas November Kolaka termasuk salah satu Universitas sebagai perguruan tinggi Negeri Baru (PTNB), yang turut mengambil bagian dalam menjalankan kebijakan tersebut Menteri tersebut.

Diketahui, dalam Penyerahan Bantuan tersebut adalah Termin I (Satu) sebesar Rp 31.500.000 (90%), diserahkan kepada Tim PHP2D USN kolaka.

Hal ini ditandai dengan keikutsertaan Tim dari Universitas Sembilanbelas November yang dibimbing oleh seorang Dosen Campina Illa P, S.E,, M.Si untuk mendampingi 12 Mahasiswa dari Prodi Agribisnis, Agroteknologi, THP, dan Peternakan , dengan Organisasi Kemahasiswaan BEM Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

Keikutsertaan ini mampu bersaing pada tingkat Nasional untuk Program Holistic Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan oleh DirBelmawa dan dinyatakan lolos dengan judul Proposal yaitu “Pembentukan Bank Sampah dan Koperasi Nelayan sebagai Pionir Kelembagaan dalam Upaya Pemberdayaan Berbasis Potensi Lokal pada Masyarakat Nelayan Bajo Kelurahan Anaiwoi, Kolaka”, dengan bantuan Hibah sebesar Rp 35.000.000-,.

Dalam sambutannya, Achmad Lamo Wakil Rektor III menyampaikan bahwa Pengelolaan dana PHP2D yang diperoleh oleh Tim PHP2D USN kolaka dengan harapan agar dipergunakan dengan tepat daya dan tepat guna dalam proses implementasi kerja.

“Penggunaan anggarannya agar dibuatkan skematika pelaporan rutin dalam pengelolaan anggaran dimulai pada tahap awal, tahap pertengahan dan tahap akhir, yang biasanya pada tahap akhir dibarengi dengan evaluasi menyeluruh dari kegiatan PHP2D oleh USN Kolaka,” Katanya.

Lebih lanjut, Kata dia hal ini juga merupakan proses yang sangat menguntungkan bagi USN Kolaka, dalam menjejaki setiap kegiatan yang diadakan oleh Kemdikbudristek atau Lembaga Kementerian lainnya.

Pada kegiatan penyerahan bantuan tersebut, Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pusat Karir sekaligus Duta MBKM USN Kolaka Khamarudin, S.Pd., M.Pd., bahwa sesuai amanah dari Pimpinan, bahwasanya Pusat Karir akan senantiasa menjadi strategy patner bagi unit atau tim kegiatan yang berada dalam lingkup USN Kolaka.

“Tim PHP2D USN Kolaka, dalam proses kerjanya sudah pasti banyak hal dan tantangan yang akan dihadapi, namun hal itu sudah menjadi hukum alam, bahwa siapa yang ingin maju & berkembang, maka ia harus berhadapan dengan tantangan. Sebab dalam proses menghadapi & melewati tantangan itu, maka manusia akan belajar dan menjadi dewasa,” Ujar Khamarudin.

Ia menjelaskan, besaran dana yang diperoleh tim PHP2D USN Kolaka adalah rejeki yang akan menjadi bagian tolak ukur Kemdikbudristek dalam menilai perkembangan Iklim akademik dan aktifitas sosial USN Kolaka, yang terintegrasi dalam MBKM untuk Program Pembangunan Desa Kampus Merdeka.

“Ini sebagai tolak ukur Kemdikbudristek dalam menilai perkembangan Iklim akademik dan aktifitas sosial USN Kolaka, yang terintegrasi dalam MBKM untuk Program Pembangunan Desa Kampus Merdeka,”ungkapnya

Diketahui berlangsungnya kegiatan penyerahan bantuan PHPD2 tetap mematuhi Protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, yaitu memakai masker,menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan air.

Reporter: Dhery

Komentar

BERITA PILIHAN