Tunda Pelantikan PJ Bupati, Pejabat Busel dan Mubar Dinakodai Plh

waktu baca 2 menit
Ilustrasi

KENDARI,TRIASPOLITIKA.ID – Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menganggap SK Pejabat (PJ) Bupati Muna Barat (Mubar) La Ode Budiman, dan SK Pejabat Buton Selatan (Busel) Bahtiar, yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa hari lalu cacat konsideran.

Menurut Ali Mazi, pada SK kedua Pejabat kepala daerah tersebut tidak menyertakan usulan gubernur pada poin pertimbangan terbitnya Surat Keputusan. Sehingga kekosongan kepala daerah di Busel dan Mubar akan diisi oleh Pelaksana harian (Plh).

“Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah pada dua kabupaten dimaksud, Gubernur Sultra telah mengeluarkan Keputusan Gubernur, dengan menunjuk Sekretaris Daerah di masing-masing kabupaten untuk menjadi Plh Bupati tertanggal 22 Mei 2022,” jelas Kepala Diskominfo Sultra, Muh Ridwan Badallah.

Kata dia, masa jabatan Plh Bupati di kedua daerah tersebut berlangsung selama seminggu atau hingga 29 Mei 2022 mendatang.

Jika belum ada pelantikan setelah satu minggu itu, lanjut Ridwan, maka jabatan Plh Bupati akan diperpanjang seminggu lagi.

“Gubernur Sultra sesegera mungkin melakukan konsultasi kepada Kemenagri demi percepatan penyelesaian persoalan penunjukan PJ Bupati pada dua kabupaten,” katanya.

Sebelumnya Kemendagri telah mengeluarkan SK terhadap tiga Pejabat Bupati, diantaranya PJ Bupati Muna Barat yang disematkan kepada Bahtiar yang saat ini menjabat sebagai direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Bima Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

PJ Bupati Buton Selatan disematkan pada Muh. Yusuf yang saat ini menjabat sebagai Kepala BPBD Sultra. Serta Pejabat Bupati Buton Tengah yang disematkan kepada La Ode Budiman yang saat ini menjabat sebagai Sekda Buteng.

Gubernur Sultra Ali Mazi hanya melantik La Ode Budiman sebagai Pejabat Bupati Buton Tengah hari ini Senin (23/5/2022).

Reporter: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!