TP PKK Konawe Ajak Warga Buat Migor dari Kelapa

waktu baca 2 menit
Ketgam: Ketua TP PKK Konawe, Titin Kery Saiful (Tenga kiri) bersama Wakil Ketua II Ira Ferdinan (tengah kanan) saat mengolah bahan baku kelapa menjadi minyak

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Ketua TP PKK Kabupaten Konawe Titin Kery Saiful bersama ketua PKK kecamatan serta kader PKK Desa/Kelurahan mengajak masyarakat membuat minyak goreng berbahan dasar kelapa.

Ajakan itu diutarakan pada momen memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-50 tahun tingkat Kabupaten Konawe.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di pantai wisata Batugong, Desa Batungong, Kecamatan Kapoiala, Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu (29/03/2022).

Di tempat itu, step by step proses pembuatan minyak dari bahan baku kelapa bermula, dari mengupas, memarut, memeras santan hingga proses memasak dan menjadi minyak goreng di lakukan. Terdapat juga bahan baku santan kelapa yang telah di fermentasi selama 24 jam yang siap di masak menjadi minyak.

Menurut Titin Kery Saiful sengaja mengambil tema pembuatan minyak goreng dari bahan kelapa di momen HKG PKK ke 50 Tahun, karena kondisi saat ini ketersediaan minyak goreng di pasaran tengah langkah dan harga melambung tinggi.

Ia bercerita, dahulu masyarakat sultra menjadikan ini sebagai salah satu mata pencaharian atau hanya sekedar di gunakan untuk pribadi.

“Secara perlahan produksi minyak dari kelapa ini ditinggal­kan, karena banyaknya minyak goreng yang ada di pasaran. Tapi sekarang bisa diproduksi lagi mengingat kelangkaan minyak di pasaran dan harganya yang cukup tinggi,” kata Titin.

Sambungnya lagi, selain bahan baku yang mudah di temukan, cara pembuatanya pun cukup mudah, di sisi lain hasilny bernilai ekonomis.

“Ini juga bisa menambah penghasilan keluarga. Karena minyak goreng dari bahan dasar kelapa ini lebih terjamin mutunya, karena dibuat secara manual, tidak melalui mesin. Harganya lebih kompetitif,” ungkapnya.

Dengan kegiatan ini, Ia berharap kader PKK di desa dan kelurahan untuk kreatif dalam mengolah potensi yang ada di sekitar, tidak hanya pengolaan minyak semata. Sehingga Gerakan PKK mampu mempercepat terwujudnya Kesejahteraan Keluarga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua II TP PKK Konawe, Ira Ferdinand bersama anggota, Camat Kapoiala Muhammad Sobri Rustam, S.ST, bersama Camat Sampara, Anggalomoare, Lalonggasumeeto, dan Camat Soropia serta 14 Kades dan Lurah se Kecamatan Kapoiala.

Reporter: Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!