oleh

Tiga Mahasiswa FISIP UM-Buton Juara I Kompetisi Debat Konstitusi di Sultra

BAUBAU, TP – Tiga Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (UM) Buton berhasil meraih Juara pertama pada ajang Sambo Law Fair Kompetisi Debat Konstitusi tingkat Regional di Sulawesi Tenggara, yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Haluoleo Kendari.

Tiga mahasiswa tersebut juga berhasil menjatuhkan mahasiswa tuan rumah dari Tim Pusako UHO di babak Final. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Rafly Ramadhan program studi Ilmu Pemerintahan 2019, Wa Ode Mutmainah Ilmu Komunikasi 2019, dan Rian Andika asal Program studi Ilmu Pemerintahan 2020 serta satu Mahasiswa Wakil dari Ketua BEM FISIP, Nabila Salam prodi Ilmu Komunikasi 2019.

Kompetisi Debat Konstitusi, Sambo Law Fair 2021 merupakan ajang bagi Fakultas Hukum serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang diikuti oleh Lima Universitas di Sulawesi Tenggara.

Lima universitas tersebut yakni, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton) Baubau, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, dan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) Kendari yang dilangsungkan pada tanggal 1 s/d 3 Oktober 2021 di Aula Fakultas Hukum Universitas Haluoleo Kendari.

Ketua BEM FISIP UM Buton, Ahmad Muhardin Hadmar menuturkan bahwa Delegasi Tim Debat Konstitusi BEM FISIP ini telah dibentuk sejak 3 bulan yang lalu, melalui Departemen Pengembangan SDM. Pun begitu, Para delegasi tersebut telah melalui proses seleksi dan pembinaan oleh beberapa Dosen dan Alumni yang memiliki kompetensi dibidang Debat Konstitusi, katanya.

Delegasi Mahasiswa UM-Buton Juara 1 di ajang Sambo Law Fair Kompetisi Debat Konstitusi tingkat Regional se-Sulawesi Tenggara oleh Pusat Kajian Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Haluoleo Kendari.

Beberapa Dosen itu, terdiri dari Dosen FISIP, Andi Arya Maulana Wijaya dan Junaid Gazalin sebagai tim Panelis pada saat seleksi. Yang kemudian dimentori oleh Dosen FKIP, Nur Dahniar yang memiliki pengalaman pada bidang Debat. Serta melakukan pembinaan secara insentif terhadap para delegasi melalui via Daring maupun Luring.

Lanjut dia, beberapa dosen lain yang ikut terlibat dalam pembinaan, yaitu LM. Azhar Saban dan Mahyudin (Dosen FISIP), Muslim (Dosen FKIP), Safrin Salam (Dosen Hukum) serta Amriani (Alumni Ilmu Pemerintahan),

“Luar biasa, saya mengapresiasi semangat belajar dari Tim Debat ini, semoga ini menjadi virus positif, dimana ini adalah hal yang luar biasa yang lahir dari adik-adik mahasiswa UM Buton, semoga virus ini menyebar ke mahasiswa lain, khususunya untuk kemajuan dan kebanggan prestasi UM Buton dari segi kemahasiswaan” Ujar Nur Dahniar.

Lebih lanjut, Anwar Sadat selaku Wakil Dekan FISIP UM Buton beri ucapan terimakasih kepada BEM FISIP Universitas Muhammadiyah Buton yang telah mengharumkan nama Fisip dan Universitas, “Semoga dilanjutkan ketingkat nasional dan internasional” ucapnya

Dari Team Delegasi BEM FISIP UM Buton pun ikut mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Fakultas dan Universitas yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti lomba debat, “Terimakasih kepada dosen yg telah membimbing dan memberikan kami arahan, tanpa mereka kami tidak akan sampai pada titik ini,” akunya.

Ahmad juga mengatakan, pihaknya dari BEM Fisip UM Buton selalu siap memfasilitasi setiap kebutuhan mahasiswa, baik pada bidang akademik maupun non akademik.

“Setiap mahasiswa Fisip memiliki peluang yang sama dalam berproses dan harapannya teman-teman mahasiswa yang lain dapat termotivasi untuk terus belajar serta memanfaatkan setiap peluang yang ada agar mampu meraih prestasi pada jenjang yang lebih tinggi” tandasnya.

Reporter: Atul W

Komentar

BERITA PILIHAN