Tekken MoU Bersama Polda Sultra, Pemkab Mubar Programkan Pendidikan dan Pelatihan Masyarakat Pencari Kerja

waktu baca 3 menit

MUBAR,TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) melakukan penandatanganan MoU kesepakatan bersama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) tentang pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi di Kabupaten Mubar tahun 2023.

Pada giat tersebut Pemkab Mubar dipimpin langsung oleh Pj. Bupati, Dr. Bahri dan didampingi Sekda LM. Husein Tali dan beberapa pimpinan OPD, serta beberapa pejabat tinggi di lingkup Polda Sultra turut hadir. Kamis (24/8/2023).

Dr. Bahri mengatakan penandatangan kerjasama ini sesuai amanat Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah, serta Peraturan Mendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang Tata Cara Kerjasama Daerah dengan daerah lain atau kerjasama daerah dengan pihak ketiga.

“Kerjasama Pemda dengan berbagai pihak selama ini menjadi perhatian serius dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal dan responsif, dengan harapan Muna Barat mampu setara dengan daerah lain yang ada di Sultra,” kata Dr. Bahri.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kememdagri ini menyebut Mubar sebagai Kabupaten yang baru memasuki usia 9 tahun membutuhkan dukungan dan kerjasama dengan seluruh stakeholder, dan terus berinovasi dan menjalin sinergitas guna mendukung program Presiden RI Joko Widodo ataupun program Daerah.

Terlebih lagi lanjut Dr. Bahri, kondisi di Muna Barat, masyarakatnya bukan hanya mendiami daratan tetapi juga tersebar di daerah pesisir dan kepulauan.

“Tentunya bahwa kesepakatan bersama ini akan ditekankan pada program bimbingan dan pelatihan kemampuan jasmani, akademik, psikologi dan kesehatan yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat Mubar.” Jelasnya.

“Bukan hanya untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Polri namun pada sekolah-sekolah kedinasan lainnya yang memiliki metode penerimaan yang mirip dengan seleksi masuk anggota Polri.” Lanjutnya.

Dr. Bahri juga berharap dengan adanya kerjasama ini maka semakin mempererat sinergitas hubungan antara Pemda dan Polda Sultra dalam penataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya peningkatan SDM.

Sementara itu, Karo SDM Polda Sultra, Kombes Danang Beny K. memberikanapresiasi pada Pemkab Mubar atas perhatian pada masyarakat terkait peningkatan SDM. Menurutnya, dalam setiap organisasi SDM memegang peran penting dalam keberhasilan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kombes Danang Beny K. juga menyebut, keberhasilan Polri sebagai organisasi publik yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat dalam mencapai tujuan sangat bergantung pada ketersediaan dan kualitas sumber daya masyarakatnya.

“Kami (Polda Sultra) siap mendukung Pemda dalam mewujudkan masyarakat Mubar yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing sesuai dengan amanat UUD yakni mencerdaskan kehidupan bangsa,” ungkapnya.

Kombes Danang Beny K. menambahkan, terkait dalam rangka rekrutmen calon anggota Polri, khusus untuk anak- anak kepulauan dan pesisir ke depan akan diporsikan untuk Mubar. Untuk itu, pihaknya akan melaksanakan bimbingan tes untuk membentuk kompetensinya.

“Polda Sultra melalui Karo SDM berharap Pemkab Mubar dapat memfasilitasi anak-anak pesisir yang akan mengikuti seleksi calon anggota Polri tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!