oleh

Sukseskan Aksi Nasional P4GN, Wawali Baubau Minta OPD Gelar Penyuluhan Tentang Narkoba

BAUBAU, TRIASPOLITIKA,ID – Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse meminta agar masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Baubau menggelar penyuluhan tentang Narkoba. Kegiatan tersebut, guna mendukung dan menyukseskan rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Saat ini kita sudah mau memasuki periodik pelaporan untuk bulan Desember. Dan kelihatannya, untuk Instansi Pemerintah kita masih belum ada kegiatan yang bisa kita laporkan,” ujar La Ode Ahmad Monianse, saat menghadiri Rapat Pembahasan Implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020, Tentang Rencana Aksi Nasional P4GN di Ruang Rapat LT II Kantor Walikota Baubau, Kamis (18/11/2021).

Wawali Baubau ini menuturkan, untuk mendukung dan menyukseskan Rencana Aksi Nasional P4GN tersebut pada dasarnya banyak kegiatan yang dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan anggaran. Di antara kegiatan tersebut adalah, Kepala OPD dapat bekerja sama dengan BNN untuk memberikan penyuluhan tentang Narkoba kepada para staf di instansi masing-masing.

“Saya berharap agar para kepala OPD berinisiatif untuk melakukan kegiatan itu, sehingga ada laporan dari masing-masing OPD terkait dengan Rencana Aksi Nasional P4GN ini. Apalagi kita sempat dihebohkan dengan adanya ASN kita yang tersangkut kasus Narkoba ini. Maka perlu adanya inisiatif dari para Kepala OPD untuk melakukan kegiatan deteksi dini di instansinya masing-masing,” tuturnya.

La Ode Ahmad Monianse berharap, dengan adanya kegiatan penyuluhan dan kegiatan deteksi dini tersebut kasus Narkoba yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat terhindarkan. Selain itu, kebutuhan untuk laporan tentang tindak lanjut dari Rencana Aksi Nasional P4GN dapat terpenuhi. Di mana laporan tersebut harus disampaikan secara berkala oleh Kepala Daerah kepada Presiden.

“Laporan tentang tindak lanjut dari Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional ini harus disampaikan secara periodik dan berjenjang, tentang sejauh mana upaya-upaya penanggulangan Narkoba yang kita lakukan di daerah. Di mana, Wali Kota menyampaikan laporannya kepada Gubernur, Gubernur melanjutkannya kepada Mendagri hingga sampai kepada Presiden,” imbuhnya.

Diketahui, untuk mendukung dan menyukseskan Rencana Aksi Nasional P4GN serta untuk melakukan deteksi dini, Wakil Wali Kota Baubau menyumbangkan sejumlah uang pribadinya untuk kegiatan Tes Urine di dua Kecamatan beberapa bulan yang lalau. Yaitu pada Kecamatan Wolio dan Kecamatan Betoambari, dan yang menjadi obyek Tes Urine tersebut adalah ASN dan masyarakat.(Adm)

BERITA PILIHAN