Sidak Jelang Ramadhan, Kejari Muna Temukan Produk Kadaluarsa Masih Dijual

waktu baca 2 menit
Kejaksaan Negeri Muna saat melakukan sidak disalah satu ritel di Kota Raha, Sulawesi Tenggara. (Bensar/Triaspolitika.id)

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), menemukan sejumlah produk kadaluarsa yang masih dijual beberapa ritel, kios, maupun minimarket di Kota Raha.

Produk kadaluarsa itu ditemukan Kejari Muna saat menggelar sidak jelang bulan suci Ramadhan, bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Satpol-PP Muna, pada Rabu, (30/03/2022).

Kejari Muna Agustinus Baka Tangdililing menuturkan, saat tim melakukan pengecekan barang di etalase maupun gudang kios pedagang, ditemukan beberapa produk sudah tidak layak dijual atau kadaluarsa.

”Petugas menemukan ada beberapa barang kemasan yang sudah kadaluarsa, namun masih dijual oleh pedagang. Selain itu, juga ditemukan produk yang berasal dari luar negeri,” ungkap Agustinus, pada Triaspolitika.id.

Barang kadaluarsa yang ditemukan petugas kata dia, yaitu Susu dengan merek Batita, susu Dancow, pampers MamyPoko dan Roti Tawar.

Sedangkan barang dari luar yaitu, Teh Hijau asal Tahailand, minyak goreng merek Letizia, serta minyak goreng merek Family.

Kata Agustinus, saat dilakukan pengecekan beberapa barang tersebut melalui scan barcode, produk tersebut tidak memiliki data atau tidak valid.

Ironisnya kata dia, pada produk tersebut terdapat label SNI dan label Halal dari MUI. ”Kita akan berkoordinasi dengan Balai POM untuk memastikan hal tersebut,” kata Mantan Koordinator Jaksa Kejati Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

Lanjut Agustinus, saat menemukan beberapa barang yang tidak layak konsumsi, petugas langsung menyampaikan pada pemilik toko untuk menarik barang tersebut, kemudian mengganti dengan produk layak konsumsi.

Sealain itu kata dia, pihaknya juga sudah menegaskan pada pengelola agar dapat meningkatkan supervisi produk, supaya tidak membahayakan konsumen.

”Kita juga imbau warga agar selalu melakukan pengecekan setiap produk yang dibeli di kios maupun mini market, apakah masih layak, atau sudah kadaluarsa,” pungkasnya.

Reporter: Bensar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!