Seni Budaya Awali Pembukaan Malam Puncak HUT Konawe ke-63

waktu baca 2 menit
Seni Budaya Awali Pembukaan Malam Puncak HUT Konawe ke-63

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe ke-63, Tahun 2023 di buka dengan persembahan seni dan budaya.

Malam puncak HUT Konawe ini di gelar secara terbuka di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Konawe.

Diawali dengan persembahan tarian budaya dari beberapa etnis yang mendiami daratan Kabupaten Konawe ambil bagian pada malam puncak HUT ini.

Di awali tarian dari suku Tolaki, Makassar, Bugis, Bali, Jawa, reog ponorogo, madura dan suku Sasak NTB.

Kesenian ini merupakan wujud bahwa Konawe merupakan daerah yang menerima segala suku bangsa dalam satu kebinaka tunggal ika untuk mendiami daratan Konawe.

“Keberadaan inilah yang menjadi kekuatan daerah Konawe,”kata Suparjo ketua kreator seni dan budaya.

Acara kemudian di lanjutkan fashion show, dengan mengenalkan kain tenun asal Konawe dengan motif tawa ndawaro (daun sagu).

Hal itu di ambil sebagai kearifan lokal suku Tolaki, di samping itu sagu merupakan tumbuhan indentik dengan suku Tolaki karena pohon sagu ini memberikan banyak manfaat di kehidupan masyarakat Konawe, mulai dari daun sagu untuk atap, pati sagu untuk makanan khas Tolaki, dan ulat sagu atau Owato sebagai salah satu sumber protein.

“Salah satu untuk melestarikan kearifan lokal Konawe, karena tidak bisa di pungkiri di Konawe sagu atau sinonggi merupakan makanan pokok kita, untuk itulah saya termotivasi untuk angkat tenun motif daun sagu, ” Kata Titin Nurbaya Kery Saiful Konggoasa Ketua Dekranasda Kabupaten Konawe.

Reporter : Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!