Sekda Buton Harap Guru Bentuk Karakter Generasi Muda

waktu baca 3 menit

BUTON, TRIASPOLITIKA.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin, SPd, MSi menegaskan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa telah berperan penting. Untuk itu Sekda berharap guru dapat membentuk karakter dan memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi bangsa.

“Guru bukan hanya sosok yang memberikan Pelajaran di kelas, tetapi juga membimbing dan melangkah bersama peserta didik, dalam perjalanan panjang menuju insan cerdas dan berakhlak mulia. Guru harus menerapkan disiplin. Guru tidak boleh terlambat di sekolah. Sebab jika terlambat akan membuat peserta didik terlantar,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Buton ketika menyampaikan sambutan mewakili Pj. Bupati Buton pada Pembukaan Porseni HUT ke-78 dan hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Buton yang digelar di Lapangan Sepak Bola Watumotobe, Kecamatan Kapontori, Minggu Sore, 19 November 2023.

Guru lanjut Sekda adalah inspirator yang membakar semangat keingintahuan dan kreativitas di dalam diri anak-anak bukan saja di dalam ruangan kelas tapi juga di atas lapangan olahraga.

“Dalam perjalanan panjang pengabdian guru-guru telah menghadapi berbagai tantangan mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana hingga dinamika perkembangan pendidikan namun semangat dan dedikasi mereka tidak pernah surut,” katanya.

Menurut Mantan KADIS Lingkungan Hidup Kabupaten Buton ini guru-guru adalah garda terdepan dalam Upaya mencetak generasi yang cerdas, kritis dan memiliki nilai-nilai luhur.

“PGRI adalah organisasi profesi yang dibentuk dengan tujuan menekankan jiwa patritisme dan mewjudkan cita-cita proklamasi kemeredekaan NKRI sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Porseni HUT PGRI tahun ini meruopakan meonetum yang snagat penting bagi selurub Guru Kabupaten Buton terutama mereka yang terlibat sebagai atlit untuk menunjukan kemampuan dapat bertanding secara sportivitas,” katanya.

Dikatakan Sekda Porseni bukan hanya tenatng memenangkan medali atau tropi tapi juga semangat kebersamaan dan sportivitas. Mari ikita semua menjunjung tinggi nilai-nilai Fair play dan saling menghargai satu sama lain, tidak hanya di atas lapangan tapi juga di luar lapangan., saya berharap porseni kali ini dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan sesame insan Pendidikan di Kabupaten Buton serta dapat menjadi ajang pembelajaran dan berbagi pengalaman berharga bagi semua peserta Porseni.

Pembukaan Porseni HUT PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional diawali dengan pawai Parade kontingen cabang PGRI se Kabupaten Buton dimeriahkan Marchibd Band SMA Negeri 2 Kapontori.

Porseni HUT PGRI Kabupaten Buton bakal mempertandingkan 10 cabang Olahraga dan 5 Banag Seni. “Semua pertandingan di laksanakan di Kecamatan Kapontori sebagai tuan rumah yang akan berlangsung 19 – 26 November 2023,” kata Ketua Panitia, Bahtia Adia yang juga Kepsek SMA 2 Lasalimu Selatan.
Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Buton, Ny. Wa Ode Nurnia Kahar, SE, Wakil Ketua DPRD Buton, La Ode Rafiun, SPd, MSi, Kasubag Bin Kejari Buton, L. Afan La Idi, SH, Plt Kadis Pendidikan, Kabupaten Buton, Jufri, SKom, MSi, Camat Kapontori, La Ode Farihi, SSos, Forkopicam Kecamatan Kapontori. (Adm)

error: Content is protected !!