Sekda Buton Buka STQH Ke-25 Tingkat Kabupaten

waktu baca 2 menit
Sekda Kabupaten Buton Ir. La Ode Zilfar Djafar saat membuka Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) ke-25 Tingkat Kab. Buton tahun 2021. Foto: Dok Kominfo Buton

BUTON, TP – Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Buton Ir. La Ode Zilfar Djafar, membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-25 tingkat Kabupaten Buton tahun 2021 di Aula Gedung Wakaka, Rabu (5/3/2021).

STQ yang mengusung tema “Melalui STQH XXV Tingkat Kabupaten Buton kita bangun generasi qur’ani yang cerdas dan berakhlakul karimah menuju Buton yang beradab dan bermartabat” itu, berlangsung selama 3 hari, yang diikuti 32 Qori-Qoriah dan Hafiz-Hafizah di Buton.

“Cabang yang akan diikuti yakni cabang Tilawah, Hafis Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Mutsabaqah dan menghafal Hadist,” kata Ketua Panitia yang juga Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Buton, Alimani, Ssos, MSi.

Penyelenggaraan STQH merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Qur’an sehingga melahirkan Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat dan berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya yang unggul, kompetitif dan berkarakter islami

“Dengan demikian STQH ini bukan semata mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur’an tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al Quar’an, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka” kata Sekda Buton mewakili Bupati Buton.

Peserta yang terpilih nanti, lanjut Sekda diharapkan untu mempersiapkan diri untuk mewakili Buton pada ajang seleksi di tingkat provinsi.

“Bagi peserta yang belum meraih prestasi jadikan pengalaman ini sebagai motivasi untuk lebih giat berlatih,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Buton, H. Mansur menegaskan signifikasi nilai-nilai Al Qur’an Sebagai pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun Nonformal

“Maka penting bagi kita bersama untuk memikirkan bagaimana supaya lembaga pendidikan Al Qur’an terutama rumah Tilawah atau pondok Tahfidz dapat tumbuh dan berkembang di daerah Buton yang kita cintai ini,” tuturnya.

Kepala Kemenag berharap agar seluruh peserta mengikuti dengan sungguh-sungguh STQH ke- 25 ini dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai suportifitas dan disiplin dalam mengikuti pelaksanaannya.

Turut hadir, Anggota Forkopimda Buton, Ketua PKK Kab. Buton, Ketua Dharma Wanita Kab. Buton, Para Dewan Hakim dan Camat se Kab. Buton.

Sumber: Kominfo Buton

error: Content is protected !!