oleh

Sekda Baubau Resmikan Perubahan Nama AKBID Menjadi IKT Buton Raya

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Akademi Kebidanan (AKBID) Buton Raya resmi berubah nama menjadi Institut Kesehatan dan Teknologi (IKT) Buton Raya. Perubahan nama tersebut diresmikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. di halaman kampus IKT Buton Raya Baubau, Jumat 29 Oktober 2021.

Menurut Dr. Roni Muhtar, perubahan nama perguruan tinggi dari akademik menjadi institut adalah lompatan yang luar biasa. Bila menilik jauh hal itu tidak mudah didapatkan, perlu perjuangan orang-orang yang terlibat dalam kesungguhan dan ketabahan.

Apalagi di era sekarang, kampus harus bisa membangun iklim yang inovatif dan kreatif dari semua personilnya baik dari dosen-dosen sampai mahasiswa. Sehingga mahasiswa yang keluar nanti kaya akan inovasi dan kreativitas.

“Jadi sekarang itu cara berpikir kita harus mengikuti jaman. Begitu juga Perguruan Tinggi yang sudah harus menyesuaikan dengan kondisi kekinian. Kami juga Pemerintah Daerah siap mengambil peran. Bahkan kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan kampus kampus semacam itu. Jadi, kalau ada hal-hal tertentu yang dibutuhkan peran kami. Sampaikan,” tegas Dr Roni Muhtar.

Salah satu dosen senior di Universitas Halu Oleo ini berpesan kepada mahasiswa untuk terus berbenah diri dalam menjalani nuansa akademik ketika sebagai mahasiswa. “Teruslah berbenah diri, terus mengikuti perubahan, terus mengembangkan diri. Selalu memacu diri meningkatkan kemampuan dengan membandingkan kinerja seprofesi dalam hal positif,” pinta Dr. Roni Muhtar.

Lanjut kata Dr. Roni Muhtar, selain kemampuan, di era milenial saat ini, mindset menjadi ASN itu kalau bisa dihapus. Saatnya tanamkan pola pikir hidup mandiri. Buka ruang sebesar-besarnya untuk menjadi entrepreneurship atau kewirausahaan. Upayakan diri agar bisa hidup eksis menjalani perubahan yang begitu cepat.

“Jadi, sekolah di perguruan tinggi itu tidak harus menjadi ASN. Tempatkan ASN menjadi cita-cita yang ke sekian. Untuk itu, diharapkan mahasiswa nanti ke depannya mampu berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjadi enterpreneur,” pungkasnya. (Adm)

BERITA PILIHAN