Satu tahun kepemimpinan, Abd Azis Buktikan mampu Perbaiki Kolaka Timur

waktu baca 5 menit
Pelaksana tugas Bupati Kolaka Timur Abd. Azis.(sumber: Instagram abdazisofficial)

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Membangun daerah yang baru saja berusia satu dekade memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Berbagai cara harus dilakukan, lobi lobi anggaran dari pemerintah provinsi maupun pusat sangat dibutuhkan disini.

Agar apa? tentu saja agar harapan masyarakat disana bisa yakin jika pemimpin mereka cukup hambel, tangguh serta bertanggungjawab dalam memperhatikan perekonomian masyarakat sehingga berjalan dengan sesuai.

Mengemban harapan masyarakat untuk melakukan perubahan di Kolaka Timur rupanya berhasil dilakukan oleh Pelaksana tugas Bupati Kolaka Timur Abd. Azis. Mantan anggota Polri itu mampu membuktikan kinerjanya dalam menata wilayah Kolaka Timur.

Geliat pembangunan Azis dalam memperhatikan kondisi infrastruktur Kolaka Timur semakin hari semakin terlihat jelas.

Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat yang dikemas dengan sebutan (Gemas) menjadi acuan wakil bupati definitif itu.

Meskipun dengan keterbatasan anggaran pendapatan daerah, Abd Azis terus berupaya menghadirkan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat nya.

“Saya berkomitmen membangun daerah ini sesuai ketersediaan anggaran. Misi saya di Koltim yaitu membangun Kolaka Timur untuk terus berkembang dan maju serta setara dengan daerah lainnya di Sultra,” kata Azis.

Lebih dari setahun memimpin wonua sorume (negeri anggrek), Abd Azis berhasil membangun berbagai pembangunan vital di Kolaka Timur.

  • Pembangunan Infrastruktur

Semisal pengaspalan jalan sepanjang 5,5 Km kemudian pengerasan jalan sepanjang 62,5 Km serta pembukaan jalan usaha tani.

Tidak hanya memperhatikan infrastruktur mendasar, Bupati Azis juga memperhatikan infrastruktur dibidang pertanian. Tercatat ada 11 titik jaringan usaha tani (JUT) sudah dibangun di wilayah itu, pembangunan irigasi persawahan sebanyak 11 titik.

  • Peningkatan SDM Koltim

“Selain pembangunan fisik, pemerintah juga terfokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM),” ujar Azis.

Membuktikan keseriusan Azis dalam memperhatikan sumber daya manusia di Koltim, di kepemimpinan-nya, berbagai fasilitas sekolah serta kesehatan telah ditingkatkan.

Hal itu diketahui dengan dibangunnya fasilitas ruang belajar siswa, pembangunan perpustakaan sekolah, laboratorium hingga UKS mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini, SD hingga tingkat sekolah menengah pertama.

Rudi salah satu pekerja yang juga orang tua siswa di Kecamatan Ladongi mengungkapkan rasa syukur-nya  terhadap pemerintah Kolaka Timur yang telah mewujudkan harapan orang tua siswa untuk peningkatan kualitas SDM anak-anak sekolah.

“Saya secara pribadi sangat bersyukur karena Pak Bupati sangat respon dengan usulan kita. Di sekolah anak saya saat ini tengah dibangun ruang laboratorium dan perpustakaan. Saya percaya dengan adanya laboratorium dan perpustakaan di sekolah, kualitas belajar anak-anak juga akan meningkat,” kata Rudi.

  • Fasilitas Kesehatan

Dibidang kesehatan, Bupati Azis juga cukup memperhatikan hal itu. Ini dibuktikan belum lama ini, Azis meresmikan ruang PICU NICU RSUD Kolaka Timur yang begitu megah.

“Pembangunan harus kita genjot dan terus ditingkatkan, khususnya fasilitas kesehatan demi meningkatkan kesejahteraan serta kesehatan masyarakat Kolaka Timur,” kata Azis.

Menurut Azis, pembangunan ruang PICU NICU sangat dibutuhkan di Kolaka Timur. “Kita sangat bersyukur karena bangunan gedung ini sangat megah dan sangat baik,” ujar Azis usai meresmikan bangunan ruang PICU NICU RSUD Kolaka Timur.

Ia berharap, dengan adanya program dari pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat bisa dirasakan secara langsung dan nyata seluruh masyarakat Kolaka Timur.

“RSUD Kolaka Timur memang saat ini masih membutuhkan beberapa sarana agar memenuhi standar Rumah Sakit sesuai Peraturan Menteri Kesehatan. Untuk itu, pemerintah daerah berkomitmen akan melengkapi sarana dan prasarana sesuai kondisi fiskal daerah,” ujarnya.

Selain sarana dan prasarana, RSUD Koltim kata Azis diharapkan dapat terus melakukan update kemampuan dan skill dari seluruh profesi agar mutu pelayanan semakin membaik. “Termasuk juga dalam hal manajemen dan tata kelola,” imbuhnya.

  • Menciptakan Aplikasi Pengelolaan Anggaran

Kabag Pembangunan Kolaka Timur Irmansyah mengungkapkan, guna meningkatkan pengelolaan anggaran kegiatan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Timur membuat dua aplikasi.

Kedua aplikasi kata dia yaitu E-Pengendalian dan SIMONELA atau Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Lapangan.

E-Pengendalian pada dasarnya merupakan sebuah kecanggihan teknologi yang diinovasikan oleh pemerintah daerah Kolaka Timur.

E-Pengendalian pada dasarnya digagas untuk memudahkan pemerintah daerah Kolaka Timur dalam mengelola penggunaan anggaran belanja yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kolaka Timur.

Teknologi canggih ini akan digunakan oleh pemerintah daerah dalam mengelola anggaran secara teratur serta terintegrasi dengan baik.

Pengelolaan anggaran yang baik merupakan tujuan dasar yang diyakini sangat diperlukan dalam sistem pemerintahan di era saat ini.

Aplikasi E-Pengendalian akan berfungsi baik dalam mengelola penggunaan anggaran pembelanjaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD) Kolaka Timur.

“Semua pembelanjaan APBD Kolaka Timur akan di kontrol melalui aplikasi E-Pengendalian. Misalnya salah satu organisasi perangkat daerah atau OPD mengelola anggaran senilai 10 milyar rupiah. Dalam pengelolaannya, anggaran tersebut akan di kontrol langsung melalui aplikasi E-Pengendalian,” kata Irmansyah.

Sedangkan SIMONELA atau Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Lapangan aplikasi ini bakal digunakan pemerintah daerah Kolaka Timur.

Aplikasi satu ini merupakan perangkat lunak berbasis website yang digunakan untuk memonitoring atau mengawasi setiap kegiatan pembangunan infrastruktur yang ada di Kolaka Timur.

“Simonela adalah alat kontrol. Ketika sudah mulai kontrak maka Simonela sudah berfungsi. Pemerintah daerah akan mengontrol pemilik pekerjaan dan penyelenggara kerja melalui aplikasi ini,” jelas Irmansya.

Menurut dia, dengan adanya Simonela, pemerintah semakin mudah melakukan kontroling terhadap pembangunan yang ada di Kolaka Timur. “Aplikasi ini merupakan ide kreatif dari bupati,” ungkapnya.

Kata Irmansya, kedua aplikasi tersebut pertama kali diterapkan di Sulawesi Tenggara. Kolaka Timur merupakan pilot project dari apikasi tersebut.

Pemerintah daerah Kolaka Timur sudah melakukan kegiatan pelatihan kepada OPD tentang bagaimana cara kerja aplikasi E-Pengendalian dan SIMONELA.

Digitalisasi ini kata dia, merupakan langkah yang harus ditempuh Pemkab Kolaka Timur sebagaimana amanah dari Peraturan Presiden RI tentang SPBE.

“Hal ini kita lakukan dalam rangka mewujudkan kepatuhan dan ketaatan Pemkab Koltim terhadap Peraturan Presiden RI nomor 95 tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” katanya.

Untuk pelaksanaan E-Pengendalian dan SIMONELA telah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 6 Tahun 2023 Tentang Pelaksanaan Pengendalian Pembangunan Dengan Sistem Informasi E-Pengendalian dan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Lapangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur.

”Kita yakin kedua aplikasi ini dapat mempercepat pembangunan di Kolaka Timur dengan kualitas yang sangat baik,” tandas Irmansyah.(ADV)

Reporter: Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!