Pj. Bupati Mubar Gandeng Kades dan Lurah Dalam Target Capai Prioritas Nasional

waktu baca 2 menit
Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri saat membuka Rakor bersama Kades & Lurah, di Aula Kantor Bupati, Jumat (24/3/2023). Dedi/Triaspilitika.id

MUBAR, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) di bawah komando Dr. Bahri terus mendukung program Pemerintah Pusat.

Dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Mubar di Aula Kantor Bupati setempat, pada Jumat (24/3/2023) ini, Dr. Bahri mengatakan selain ingin mensukseskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), pihaknya juga tentu akan mengimplementasikan tujuh arahan dari bapak Presiden Ir. Joko Widodo sebagai prioritas Nasional.

“Sebagaimana bapak Presiden mengarahkan kita, selain melaksanakan target kinerja yang tercantum dalam RKPD, kita juga harus melaksanakan tujuh prioritas Nasional, karena kewajiban Kepala Daerah untuk melaksanakan itu,” terangnya.

Untuk itu, Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri ini melalui kinerja di Pemerintahan Desa bisa membantu melaksanakan program Pemerintah tersebut, salah satunya yakni peningkatan konsumsi dan daya beli masyarakat/memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkadilan.

“Saya bisa saja diberhentikan jika tidak melaksanakan prioritas Nasional ini. Daya ungkit, dorongan perekonomian di Muna Barat ini sangat tergantung pada belanja Desa/APBDes. Jadi rakor ini juga merupakan bagian dari untuk mengetahui masih berapa Desa yang belum menetapkan APBDes.” bebernya.

Dalam rakor tersebut, Dr. Bahri menemukan 44 Desa di Mubar yang belum menetapkan APBDes. Oleh karena itu, dirinya meminta agar ke 44 Desa tersebut sesegera mungkin memberikan alasan terkait belum adanya penetapan APBDes.

Diketuai, Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023 bertema Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan dijabarkan dalam 7 Prioritas Nasional (PN). Diantaranya yakni:

1. Memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumabuhan berkualitas dan berkadilan. 2. Mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.
3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia dan Berdaya Saing.
4. Revolusi Mental dan pembangunan kebudayaan.
5. Memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dasar
6. Membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim.
7. Memperkuat stabilitas Polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

Reporter: Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!