Pengurus Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa Dilantik

waktu baca 1 menit
Pengurus Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa bersama Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani saat foto bersama. Foto: Dok. Kominfo Buton Selatan.

BUSEL, TP – Budaya dan adat istiadat peninggalan leluhur yang dikemas dalam kesenian merupakan entitas daerah yang patut dilestarikan. Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa adalah satu dari sejuta cara dalam rangka pelestarian itu.

Pengurus Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa ini resmi dilantik Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani diwakili Asisten III Setda Buton Selatan, La Ode Harwanto, S.Pd., M.Pd di Gedung Tuani Kecamatan Sampolawa, Senin, (22/3/2021).

Selain pelantilan pengurus, juga diresmikan Sekretariat Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, La Ode Haeruddin sangat mengapresiasi terbentuknya Sanggar Seni Sungkua Buso Sampolawa ini. Hal ini merupakan salah satu cara pemerintah daerah melestarikan adat dan budaya di daerah.

“Slogan yang diusung adalah seni menyatukan,” katanya.

Dalam prosesi pelantikan pengurus dan peresmian sekretariat, anggota sanggar menampilkan sejumlah kesenian. Diantaranya, Tari Mangaru, Tari Lawari, Tari Kreasi, Puisi, dan Musik Tradisional Gambus.

Sumber: Kominfo Buton Selatan

error: Content is protected !!