Bupati Konawe Terima Penghargaan Desa Cantik BPS

waktu baca 2 menit
Bupati Konawe kery Saiful Konggoasa menerima penghargaan desa cantik BPS

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe terima penghargaan desa cantik dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Penyerahan Piagam penghargaan desa cantik itu di terima langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa di Jakarta 30/01/2023.

Kelurahan Toriki, Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, meraih juara tingkat nasional desa cantik bersama 11 Desa/kelurahan lainya.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia Margo Yuwono.

Margo Yuwono dalam sambutan mengatakan, dalam proses dan siklus pembangunan, data memiliki peran yang penting untuk penyusunan perencanaan pembangunan.

Data dapat digunakan sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunan sesuai dengan tujuan dan data juga memiliki peran buat evaluasi dan pengendalian pembangunan.

“Bagi BPS penting untuk hadir mendampingi desa dan aparatnya tentang pentingnya statistik dalam pembangunan di desa, tujuannya agar desa bisa melakukan perencanaan pembangunan sesuai dengan potensi masing-masing desa,”kata Kepala BPS Margo Yuwono.

Program desa cantik ini merupakan kolaborasi antara BPS, Kemendes PDTT, desa, serta K/L/D/I lainya.

Tahapan proses statistik dimulai dengan mengiventarisasi kebutuhan data. Lalu, BPS mendampingi pihak desa dalam menyusun instrumen pengumpulan data.

Kemudian dilakukan pengumpulan data, pengolahan, analisis, dan diseminasi data, manajemen kualitas data, hingga akhirnya data tersebut dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pembangunan desa.

“BPS telah ditugaskan melakukan pendataan regsosek di tahun kemarin data sudah ada kita punya tapi kita berupaya bagaimana data itu bisa dibagi pakaikan dengan kementerian/lembaga,” kata Margo.

error: Content is protected !!