Pemerintah Berencana Pindahkan Pusat Kota Muna di Motewe

waktu baca 2 menit
Bupati Muna, LM Rusman Emba

MUNA, TP – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), berencana memindahkan pusat kota Muna di Desa Motewe, Kecamatan Lasalepa. Rencana tersebut tinggal menunggu persetujuan dari Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Bukti keseriusan pemerintah daerah untuk memindahkan pusat kota Muna di Motewe, ditandai dengan diletakannya pondasi pembangunan gedung pertemuan serbaguna lantai dua, yang mampu menampung 6.000 orang.

“Kami sudah lakukan konsultasi, bisa juga dipindahkan di Desa Labunti atau Desa Bonea. Secara administratif sebenarnya kita tinggal menunggu persetujuan dari Gubenur,” ungkap Bupati Muna, LM Rusman Emba, saat ditemui Triaspolitika.id, Senin (08/03/2021) di gedung Galampano Kantolalo.

Kata Rusman, jarak pusat kota baru Muna, berkisar tujuh kilo meter dari ibu kota saat ini. ”Pemerintah saat ini tengah mendesain sarana dan prasarana di Motewe untuk menjadi pusat kota baru,” kata Bupati dua periode itu.

Pemindahan pusat kota baru di Muna kata dia, merupakan semangat peradaban baru yang diwujudkan dalam bentuk karya.

Kata Bupati, pemindahan pusat kota baru di Muna juga sudah dikonsultasikan dengan Kementerian Perikanan dan Kementerian Lingkungan Hidup.

”Hasil yang ditemukan usai pertemuan tersebut disetujui. Kementerian telah menyetujui, karena proses amdal juga sudah berjalan,” katanya.

Sebelumnya Desa Motewe merupakan salah satu wilayah yang dicanangkan oleh pemerintah daerah untuk dijadikan sebagai hutan mangrove di wilayah Muna.

Reporter: Ben

error: Content is protected !!