Pemdes Unaasi Jaya Bidik Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian Baru Warga

waktu baca 2 menit
Ketgam: Pembukaan Jalan Baru Desa Unaasi Jaya.

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Pemerintah desa (Pemdes) Unaasi Jaya menambah infrastruktur baru di wilayahnya dengan membuka baru badan jalan desa.

Pembuatan jalan itu sebagai akses menuju lahan yang belum dimanfaatkan oleh warganya sebagai lahan pertanian.

Rencananya 800 meter jalan baru akan dibuat Pemdes Unaasi Jaya dengan menggunakan Dana Desa tahap I tahun 2022.

Kepala Desa Unaasi Jaya, Wertog mengatakan, banyak lahan tidur di wilayahnya yang belum dimanfaatkan maksimal, alasanya akses jalan menuju lokasi jadi salah satu kendala yang dihadapi.

Terkait hal tersebut, Pemdes Unaasi Jaya bersama warga setempat sepakat lakukan pembuatan jalan baru untuk memaksimalkan potensi desa di sektor pertanian.

“Sesuai usulan warga, mereka minta untuk di buatkan akses jalan menuju lahan terisolir, agar dapat di fungsikan sebagai lahan pertanian, sehingga kami lakukan pembuatan jalan baru untuk mengakses lokasi tersebut,” kata Wertog.

Iapun mengapresiasi usulan warganya, mengingat hampir rata-rata masyarakat desa Unaasi Jaya bekerja sebagai petani jangka pendek.

Maka dari itu, Ia optimis dengan terbukanya akses ke lahat tidur di desanya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Unaasi Jaya kedepan.

“Harapan saya setelah terbuka akses jalan, masyarakat bisa membuka dan memanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup kedepan, sebab 98 persen warga Unaasi bekerja sebagai petani palawija,” kata Wertog.

Optimis itu muncul karena hasil pertanian desa Unaasi Jaya telah menembus pasar domestik. Dia mengungkapkan hasil pertanian warganya telah di kirim ke luar provinsi sultra.

“Tidak hanya Sultra hasil pertanian warga kami telah tembus pasaran Sulawesi Tengah, maka dari itu potensi ini harus terus di tingkatkan,” harap Wertog.

Reporter: Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!