Pemda Konawe Dukung Program ATR/BPN terkait Sertifikat Tanah

waktu baca 1 menit
Sekda Konawe Ferdinand Sapan saat menyerahkan sertifikat tanah ke salah satu warga

UNAAHA, TRIASPOLITIKA.ID – Sekretaris Daerah Konawe, Ferdinand Sapan hadiri sosialisasi program strategis kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di aula hotel Nugraha, Selasa 17/05/2022.

Di kesempatan itu, Ferdinan menyampaikan mendukung program ATR/BPN terkait program Pengukuran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah (Redis) yang kini tengah berjalan.

Menurut Ferdinand program tersebut sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan kepastian hukum atas bidang tanah. Demikian pemerintah daerah.

” Reformasi agraria ini kita dukung, karena akhirnya ada kepastian atas status tanah kepemilikan, baik orang perorang maupun secara kelembagaan,” kata Ferdinand.

Disisi ekonomi kata Ferdinand, masyarakat yang memiliki sertifikat tanah, dapat mengunakanya sebagai modal bagi pelaku usaha produktif sewaktu-waktu.

“Adanya sertifikat tanah ini, masyarakat kita punya modal lebih, jadikan sertifikat ini sebagai kekuatan ekonomi baru jika itu di anggap sebagai modal usaha, karena dengan sertifikat itu tentunya bisa di jaminkan ke bank atau lembaga keuangan lainnya,” terang Ferdinand Sapan.

Sementara bagi pemerintah daerah, dengan adanya program PTSL maupun Redistribusi ini, aset-aset daerah yang selama ini belum terdata dapat terdata melalui sertifikat program ATR/BPN ini.

Reporter: Utha

error: Content is protected !!