oleh

Pelaksanaan Wisuda Pascasarjana Unsultra Jadi Sejarah Baru, begini alasannya

KENDARI, TP – Pelaksanaan Wisuda Sarjana Strata satu (S1) dan Pascasarjana (S2) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) yang digelar di Hotel Claro kota Kendari, pada Kamis (07/01/2021). Disebut sebagai sejarah baru oleh Rektor Unsulta, Prof. Andi Bahrun.

Pasalnya Unsultra pertama kali melaksanakan wisuda pascasarjana yang menjadi impian dan kerinduan Civitas Akademik untuk mewujudkan pascasarjana.

Yang mana di tambah dengan keikut sertaan Wakil Gubernur Sultra H. Lukman Abunawas yang menambah spesial hari bersejarah Unsultra.

“Saya kira ini merupakan sejarah baru bagi Unsultra, yang mana terwujudnya wisuda pascasarjana yang menjadi impian bersama. Yang menambah spesial kegiatan hari ini, karena adanya salah satu alumni yang ikut serta sebagai peserta wisuda yakni Wakil Gubernur Sultra H. Lukman Abunawas,” ungkapnya.

Ia juga bersyukur, sebab rata-rata Dosen yang menyelesaikan studinya demi menunjang Pasca hanya memerlukan waktu satu tahun sembilan bulan perkuliahan guna memenuhi syarat sebagai dosen pasca.

Lanjut kata dia, hal itu dalam rangka menjaga kualitas dan standar proses pembelajaran, maka sepak terjang dan pengalaman dalam perkuliahan Unsultra membangun kerjasama bersama Universitas Hasanuddin (Unhas). Yang mana guru besar fakultas hukum Unhas, menjadi tim pengajar dengan di dukung oleh pembelajaran online.

“Demikian pula pembimbing, kami tetap melibatkan guru besar dari Unhas terutama dari fakultas hukum. Jadi pembimbing utamanya dari Unhas pembimbing duanya lokal. Jadi kedepan tidak hanya dari Unhas tetapi juga dari Universitas lain bahkan juga dari luar Negeri,” Ujarnya.

Dijelaskannya, semua itu akan menjadi variasi hingga kedepannya dengan didukung pembelajaran sistem jaringan, sistem konsultasi, dan sistem bimbingan secara Online. Unsultra menerima penghargaan sebagai salah satu perguruan tinggi swasta penyelenggara sistem pembelajaran online serta penghargaan perguruan tinggi berkinerja baik di Sultra.

“Hal ini tentu menjadi motivasi dan spirit. maka saya sudah tekankan tadi, kami dalam bekerja bukanlah mencari rangking, bukan untuk dinilai dan sebagainya serta bukan mau bersaing tapi sesungguhnya ingin berkolaborasi dan ingin bersinergi, dengan perguruan tinggi lain dalam rangka meningkatkan SDM, SDA, dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Maka dari itu, Ia berharap kepada seluruh alumni agar dapat menunjukan lulusan Unsultra yang bisa bekerja meningkatkan kualitas terutama untuk meningkatkan kapasitas dibidang kecakapan hingga skiil lainnya di era abad 21 sekarang ini.” Ujarnya

Di ketahui, pada Wisuda Strata satu dan dua berjumlah 437 dengan rincian S1 430 dan S2 7 termaksud salah satunya yakni Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas yang menyelesaikan Magister Hukumnya di kampus Milik Pemprov sultra itu.

Reporter: Ahmad

Komentar

HUKUM KRIMINAL