Pekan Depan, Inspektorat Konawe Lakukan Pemeriksaan Rutin di Desa

waktu baca 1 menit
Kepala Inspektorat Konawe, Rebiansyah Halip.(Utha/Triaspolitika.id).

KONAWE, TRIAPOLITIKA.ID – Inspektorat Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam waktu dekat akan melakukan pemeriksaan ke semua desa di Konawe.

Pemeriksaan rutin tahunan itu, untuk memastikan penggunaan anggaran Dana Desa (DD) baik APBN maupun APBD terserap sesuai kebutuhan masyarakat desa.

Kepala Inspektorat Konawe, Rebiansyah Halip menyampaikan, surat pemeriksaan reguler di lima Inspektur pembantu (Irban) akan segera di keluarkan.

“Setelah BPKP perwakilan Sultra lakukan pemeriksaan, maka kami akan keluarkan surat pemeriksaan rutin ke setiap Irban,” kata Rebi panggilan akrabnya saat di temui berapa waktu lalu.

Lanjut Rebi, pemeriksaan reguler yang di lakukan inspektorat Konawe, merupakan perintah dari permendagri nomor 73 tahun 2020 tentang pengawasan keuangan desa.

Adapun saat pemeriksaan, tim pemeriksa menemukan selisih penggunaan anggaran maka Inspektorat akan melakukan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR).

Ia menambahkan, dari 391 desa di Konawe yang tersebar di 29 kecamatan, Inspektorat Konawe membagi lima wilayah kerja Irban. Masing-masing Irban memiliki ketua pemeriksaan.

“Jika ada temuan, di setiap Irban, Inspektorat akan menuntut Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi, sesuai jumlah temuan di desa,” tutupnya.

Reporter: Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!