oleh

Operasi Zebra Anoa 2021, Arahan Kapolri Simpatik 100%

BAUBAU, TRIASPOLITIKA. ID – Demi memberikan kesadaran dalam berlalu lintas, maka mulai dari hari ini, akan diadakan Operasi Zebra Anoa 2021 oleh Polres Baubau.

Dalam siaran Pers Kasi Humas Polres Baubau Iptu Abdul Rahmad mengatakan “Bahwa benar pada hari Senin 15 /11/ 2021, pukul 07.45 wita telah berlangsung Upacara Apel Gelar Pasukan dalam rangka Ops Zebra Anoa 2021 di lapangan apel Polres Baubau bertindak sebagai Pimpinan Gelar Wakil Walikota Baubau Laode Ahmad Monianse,” ungkapnya.

Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Anoa 2021 di hadiri oleh Waka Polres Baubau, ucap Rahmad , lanjutnya, Wakil Ketua 2 DPRD Kota Baubau, Ketua Pengadilan Negeri Baubau, perwakilan Sub Den POM XIV/3-2 Baubau, Kepala BPBD Kota Baubau perwakilan Dishub Kota Baubau, PJU Polres Baubau serta Para peserta upacara dari personil Polres Baubau dan Instansi terkait Kota Baubau.

“Dalam Apel Gelar Pasukan Anoa 2021 Pimpinan gelar membacakan Amanat Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara yang dilakukan oleh Wakil Walikota Baubau Laode Ahmad Monianse mengatakan “Apel gelar pasukan dalam rangka operasi dengan sandi zebra anoa 2021 dilakukan dengan pedoman protokol kesehatan covit 19,” ungkapnya.

Kata Moniase, apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi kamseltibcarlantas menjelang Natal 2002 1 dan tahun baru 2022 di tengah pandemi Corona di wilayah Polda Sulawesi Tenggara.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa masalah di bidang lalu lintas berkembang dengan sangat cepat dan dinamis Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilisasi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,” jelasnya.

Saat ini selain keselamatan berlalu-lintas, Kata Wakil Walikota, yang berhubungan langsung dengan orang, kendaraan dan jalan sarana dan prasarana terdapat masalah baru yaitu penyakit Corona untuk itu dibutuhkan upaya khusus dalam menanggulangi penyebaran covid-19 bidang lalu lintas yang mewujudkan keselamatan masyarakat dalam berkendara.

“Berbagai permasalahan tersebut diantaranya adalah kurangnya kesadaran masyarakat atas pelaksanaan protokol kesehatan sehingga memerlukan upaya penanganan secara profesional dan konferensi dari POLRI agar terwujud kenormalan baru sebagaimana yang diharapkan,” Imbuhnya.

Ucapnya, kita menyadari bahwa dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas dibutuhkan peran serta seluruh stake holder agar mampu meningkatkan kampanye tertib berlalu lintas dan protokol kesehatan selain itu perlu dikoordinasikan bersama antara instansi pemerintah lain yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan.

“Guna memberi solusi atas permasalahan tersebut di atas pengembangan fungsi operasional polri telah menetapkan kalender operasi zebra yang kali ini dilaksanakan menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022,” terangnya.

Kata Pimpinan Apel, dengan sasaran meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas untuk mencegah penyebaran covid-19 serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap.

“adapun waktu pelaksanaan operasi ini berlangsung selama 14 Hari sejak tanggal 15 sampai 28 November 2001 di seluruh wilayah Indonesia,” tuturnya.

Demi mencapai tujuan sasaran yang telah ditetapkan, kata Wakil Walikota, maka operasi ini, dilaksanakan operasi simpatik 100% dengan tidak berorientasi pada Gakkum lantas atau tilang
.
Dengan berdasarkan arahan Kapolri yang harus dilakukan yaitu :
1. Giat edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas berupa baksos.
2. Diet sukses dan giat pelayanan masyarakat guna menciptakan rasa simpati masyarakat terhadap polri.
3. Giat penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan cara aman berlalu lintas serta saling membantu dengan masyarakat lainnya.
4. Dilarang melaksanakan giat razia pemeriksaan surat-surat kendaraan bermotor serta tindakan lain yang tidak simpatik.

Dari arahan Kapolri target yaitu
1. Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menetapkan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru.
2. Terciptanya situasi kamseltibcarlantas secara optimal
3. Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.
4. Menurunnya penyebaran penularan virus Corona terhadap masyarakat.
5. Sebagai cipta kondisi menjelang hari Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Sebelum menyelesaikan amanatnya pimpinan apel pun mengucapkan selamat melaksanakan tugas kepolisian dengan sandi Zebra Anoa 2021.

Reporter: Hariyadi

BERITA PILIHAN