Nilai Tingkat Kedisiplinan ASN Masih Rendah, Pj. Bupati Mubar Bakal Terapkan Absensi Digital

waktu baca 1 menit
Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri (masker hitam). Dedi/Triaspolitika.id

MUBAR, TRIASPOLITIKA.ID – Untuk meningkatkan profesional dan kedisiplinan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pencapaian kinerja, Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar) akan menerapkan aplikasi berbasis android sebagai presensi kehadiran para ASN.

Sebab berdasarkan pengamatan Pj Bupati Mubar, Bahri, selama ini tingkat kehadiran ASN lingkup Pemda Mubar masih tergolong sangat rendah.

Bahri menegaskan disiplin ASN telah diatur dalam PP Nomor 59 tahun 2021 dengan sangat jelas. Ketentuan tersebut menyebutkan bahwa kedisiplinan ASN telah menyatakan kesanggupannya dalam mentaati kewajiban dan larangan yang telah ditetapkan.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri itu mengatakan jika pengawasan tidak dilakukan secara berjenjang maka dampaknya akan ditemukan ASN yang malas berkantor. Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Daerah Muna Barat akan menerapkan absensi berbasis system digitalisasi.

“ASN yang malas berkantor nantinya akan terpantau aplikasi absensi digital melalui android, selain memastikan kehadiran para ASN, aplikasi system digitalisasi ini juga berfungsi untuk mendeteksi kedisiplinan para ASN,” terang Bahri saat memimpin Apel lingkup Pemkab Mubar. Senin (12/9/2022).

Ia menambahkan rendahnya disiplin ASN dipengaruhi kurangnya pengawasan dari pimpinan OPD. “Untuk itu, saya mengajak seluruh pimpinan OPD untuk selalu mengawasi dan mengingatkan para pegawainya selama berkantor agar selalu meningkatkan kedisiplinan dalam berbagai aspek.” Pungkasnya.

Reporter: Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!