Natalius Pigai: Wajah Polisi di Bawah Kepemimpinan Jenderal Listyo, Berubah dengan Berbagai Inovasi dan Prestasi

waktu baca 2 menit

JAKARTA, TRIASPOLITIKA.ID – Mantan Komisioner Komnas HAM RI Natalius Pigai Mengungkapkan Wajah Polisi saat ini banyak mengalami perubahan dengan hadirnya berbagai Inovasi dan Prestasi.

Hal itu di ungkapkan saat Natalius Pigawai Menghadiri sebagai narasumber (Penanggap) dalam acara bedah buku yang berjudul “Wajah Polisi Presisi” di gedung auditorium PTIK Polri, Jumat, (28/01/2022).

Natalius Pigai menjelaskan, perubahan wajah Polisi banyak terjadi di bawah Kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Konsepsi Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan).

“Hal utama yang saya cermati adalah di bawah pimpinan Pak Listyo Kepolisian muncul sebagai institusi penegak hukum yang humanis dan emansipastoris. Dan harus diakui kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat,” ungkap aktivis HAM yang juga mantan Komisioner KOMNAS HAM.

Ia juga membeberkan lanjutnya, sejumlah hasil survei diantaranya yang dilakukan Lembaga Kajian Strategi Kepolisian (LEMKAPI) yang menyebut tingkat kepercayaan masyarakat dari tahun 2016 sampai dengan 2021 semakin meningkat yakni 86,3%.

Bukan hanya itu, Cyrus Network kata Natalius juga menemukan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat di tahun 2021 terhadap Polri mencapai 86,2%.

“Maka tentu saja hasil survey ini menunjukkan wujud nyata dari keberhasilan dan transformasi polisi yang presisi,” tegasnya.

Ia juga membeberkan bahwa, Polri di bawah kepemimpinan Listyo juga berhasil melakukan berbagai inovasi antara lain melalui kebijakan restorative justice, penghormatan terhadap hak asasi manusia, pelaksanaan pembangunan dalam melaksanakan penugasan tambahan pemerintah yang terbukti berhasil merebut kepercayaan masyarakat.

Natalius menyebutkan banyak sekali inovasi dan prestasi yang diraih institusi polisi selama 1 tahun terakhir yang bisa dirangkum melalui 16 program prioritas Kapolri dan 8 Komitmen Kapolri.

Hal-hal tersebut lanjut Natalius mulai dari soal transformasi organisasi, transformasi personalia, pengembangan teknologi kepolisian, transformasi di bidang operasional dan penegakan hukum, transformasi pelayanan publik, dan transformasi dalam bidang pengawasan.

“Dan itu kalau dirinci satu per satu banyak sekali dan hal itulah yang membuat wajah Polri hari ini harus kita akui banyak berubah, jadi lebih humanis dan tentu saja makin dipercaya masyarakat,” pungkas Natalius.

Natalius pun menyampaikan apresiasinya atas berbagai inovasi dan prestasi yang telah diraih kepolisian sambil berharap agar ke depan Polri terus konsisten menjalankan amanat dan tugas-tugasnya.

Artinya kata dia, apa yang telah dicapai hari ini tentu didapatkan dengan susah payah mulai dari komitmen pimpinan sampai lapisan insan Polri paling bawah, dan karena itu harus dijaga bersama agar tetap konsisten.

“Polisi Presisi itu adalah Polisi yang dicintai rakyat, dekat dengan rakyat, polisi yang menjawab kebutuhan masyarakat, polisi yang melayani masyarakat dengan sepenuh hati, polisi yang humanis dan emansipatoris,” pungkas Natalius.(Rilis).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!