Laporkan KONI Buton Kepengurusan Tahun 2019 ke Kejaksaan, Leo Wabula Mengaku Tak Punya Kepentingan Politik

waktu baca 2 menit
Aktivis PERDA Buton, Leo Wabula. Foto: Dok Pribadi

BUTON, TRIASPOLITIKA.ID – Aktivis PERDA Buton, Leo Wabula menegaskan, tidak ada kepentingan politik di balik keputusannya melaporkan KONI Buton kepengurusan tahun 2019, ke Kejaksaan Negeri Buton.

Ia menekankan, melaporkan dugaan tindak pidana ke aparat penegak hukum merupakan salah satu hak warga negara yang dijamin oleh undang-undang.

“Bahwa ada kepentingan politik, tidaklah, saya ini kan aktivis, saya bukan politisi, sebagai warga negara berhak untuk melakukan (laporan) itu,” kata Leo Wabula saat ditemui di Pasarwajo, Buton, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (23/1/2022).

Leo Wabula menuturkan, ia merupakan seorang aktivis yang berstatus mahasiswa fakultas hukum sehingga ia tunduk pada kepentingan negara.

Oleh karena itu, Leo Wabula merasa memiliki kewajiban untuk membela negara apabila ada praktik penyelenggara negara yang bertentangan dengan undang-undang.

“Apa yang saya lakukan dalam kerangka untuk membuat daerah Buton ini hadir menampilkan good governance. Apa yang saya lakukan ini adalah juga tanggung jawab moral intelektual saya,” kata dia.

Leo Wabula mengakui, dirinya sudah memperkirakan bahwa keputusannya melaporkan KONI Buton kepengurusan tahun 2019 akan menimbulkan berbagai risiko karena hal itu merupakan isu yang sangat sensitif.

“Tetapi karena saya berniat baik, saya berniat untuk kepentingan daerah yang lebih baik ke depan, bagaimana menghadirkan good governance, ya saya bismillah maju. Mudah-mudahan memberi manfaat untuk kepentingan daerah di masa depan,” kata Leo Wabula.

Adapun Leo Wabula melaporkan KONI Buton kepengurusan tahun 2019 terkait dugaan tindak pidana korupsi dan atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan berkaitan dengan dugaan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) ke Kejaksaan Negeri Buton.

“Kami laporkan di Kejaksaan Negeri Buton pada tanggal 28 Desember 2021,” pungkasnya.

Reporter: Anto

error: Content is protected !!