oleh

Kwarcab Pramuka Gelar Lokakarya Pramuka Merdeka Berkarakter PO 5

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Baubau menggelar lokakarya tingkat Kota Baubau, di aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Sabtu (6/11/2021). Lokakarya mengusung tema “membentuk pramuka merdeka berkarakter PO 5”. Hal itu untuk memanajemen Gugus Depan (Gudep) berpangkalan di sekolah sebagai pusat pendidikan dan kepramukaan.

Pertemuan para pimpinan gudep yang berpangkalan sekolah mulai Dari SD,SMP dan SMA/SMK berusaha merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama-sama kegiatan di buka langsung oleh Ketua kwarcab Kota Baubau Dr. Roni Muhtar M.Pd.

Ketua Kwarcab Kota Baubau Dr Roni Muhtar, M.Pd menekankan pentingnya kekompakan dan sinergitas dalam mengupas masalah dan merumuskan hasil kajian. Tak perlu ada konflik internal yang tercipta dalam menyamakan persepsi, persatuan dan kesatuan diutamakan. Semua mesti satu bahasa membangun kepramukaan di Baubau agar lebih baik lagi. Dalam hal Tentu harus ada integritas, komitmen dan konsistensi secara bersama.

“Sederhananya. Kita harus kompak bersatu, kita harus punya integritas, kita harus menyatukan tekad bersama untuk melaksanakan tugas organisasi untuk kepentingan pencapaian tujuan organisasi.

Berkaitan dengan tema, Dr Roni Muhtar, menegaskan, Kepala sekolah sebagai pucuk pimpinan di sekolah harus menjadi tauladan dalan pengimplementasian nilai-nilai PO 5 kepada guru dan para murid .Tauladan dimaksud adalah salah satunya menunjukkan sopan santun, tutur bahasa dengan baik agar para guru dan murid bisa memberikan kesan yang baik pula. Kepala sekolah harus bisa mengayomi. Hal itu agar guru-guru bisa lebih konsisten dalam mendidik, membina dan membentuk karakter PO 5 kepada siswa.

Lebih lanjut dijelaskan, Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH telah memberikan amanah kepada kepala sekokah sebagai pelaku perubahan kearah yang lebih di masing masing sekolah , dan juga para kepala sekolah diharapkan mampu mengimplemantasikan nilai-nilai PO 5 kepada siswa sehingga tercipta karakter peserta didik yang kita harapkan yakni berkarakter PO5.

Dr Roni Muhtar, M.Pd yang juga Sekda Kota Baubau ini mengungkapkan,melaksanakan sesuatu itu harus dengan ikhlas jangan karena terpaksa.

Ada tiga poin penting yang menjadi dasar dalam menjalankan tugas. Pertama bekerja dengan baik dan profesional. Kedua loyal terhadap pimpinan dan ketiga menjaga rahasia organisasi.”Nah, untuk mewujudkan pramuka merdeka berkarakter PO 5 sesuai denga tema dalam lokakarya maka harus didasari dengan keikhlasan dan rasa persatuan. Bila tidak begitu, tidak akan mungkin bisa terwujud apa yang menjadi tujuan dari gerakan Pramuka.

Dr Roni Muhtar mengajak kepada seluruh peserta lokakarya untuk dapat mengikuti materi pada kegiatan ini dengan sebaik mungkin karena kegiatan ini adalah merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan selama Kwarcab Kota Baubau ingat apa yang kita raih untuk hari esok adalah di tentukan oleh proses kerja kita hari ini,pungkasnya.(Adm)

BERITA PILIHAN