Konawe Suplay Kebutuhan Beras ASN Muna Barat

waktu baca 1 menit
Bupati Konawe Kery S Konggoasa bersama Bupati Muna Barat Bahri

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe jalin kerja sama dengan Pemkab Muna Barat (Mubar) dalam memenuhi kebutuhan beras di wilayah itu.

Hal itu di tandai dengan penandatanganan MoU kedua daerah, dimana Konawe bertindak sebagai penyuplai beras ke Muna untuk kebutuhan ASN dan masyarakat di sana.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan mengatakan kerja sama ini sangat menguntungkan petani di Konawe.

Dengan jumlah lahan pertanian Konawe mencapai 45.000 hektar menjadikan konawe surplus beras setiap tahunnya.

“Kondisi kita sekarang kan surplus terus setiap tahun, dengan kerja sama ini diharapkan peredaran beras konawe ini terdistribusi dengan cepat, dengan adanya market pemasaran di sana, “kata Ferdinand.

Iapun mengungkapkan, siklus tanam di kantong-kantong persawahan Konawe berbeda-beda tiap kecamatan, ada siklus tanam tiga kali setahun dan dua kali setahun.

Siklus tanam ini juga yang membuat Konawe terus mengalami surplus meski saat ini sekitar 6000 hektar sawah tidak berproduksi akibat rehabilitasi irigasi.

Selanjutnya kerja sama ini akan kembali di bicarakan antar kedua daerah, terkait poin poin Perjanjian Kerja Sama (PKS).

“MoU ini nanti akan ditindaklanjuti lagi dengan perjanjian kerja sama (PKS) secara government to government. Nanti akan diurus lewat Dinas Ketahanan Pangan. Apakah itu nanti difasilitasi Bulog atau bagaimana, nanti di PKS-nya yang mengatur,” tutup Ferdinand Sapan.

error: Content is protected !!