Kery Saiful Konggoasa, Mantan Bupati Konawe Terima Penghargaan dari Kemendagri atas Kabupaten Berkinerja Tinggi

waktu baca 2 menit
Kery Saiful Konggoasa (kiri) bersama Harmin Ramba (kanan)

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE – Mantan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) benar-benar telah membuktikan kualitasnya selama 10 tahun menjabat Konawe. Dirinya berhasil membawa daerah yang ia nahkodai tersebut meraih dua kali prestasi dengan status Kabupaten Berkinerja Tinggi.

 

Penilaian terkait Daerah Berkinerja Tinggi datang langsung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Konawe menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia Timur yang meraih dua kali prestasi prestisius tersebut.

 

Momen Peringaran Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII, di Makassar 2023 lalu menjadi momen pertama kali KSK menerima penghargaan tersebut. Saat itu Konawe menjadi kabupaten dengan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan Skor 3,53 dan Status Kinerja Tinggi Berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) 2022 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2021.

 

Saat itu hanya ada 10 daerah (provinsi dan kabupaten/kota) yang berhasil mendapatkan prestasi tersebut. Salah satunya Kabupaten Konawe. Kala itu penghargaan itu diterima langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

 

Pada momen Peringatan Hari Otoda XXVIIl yang berlangsung di Surabaya, Kamis (25/4/2024), Konawe kembali meraih prestasi yang sama.

 

Kali ini, Konawe memiliki Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan Skor 3,5027 dan Status Kinerja Tinggi Berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) 2023, berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2022. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2022-2023 (Oktober) KSK masih eksis menjabat sebagai Bupati Konawe.

 

Momen hangat penerimaan prestasi EPPD Konawe 2023, diterima langsung Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba. KSK dan Harmin Ramba tampak hadir memenuhi undangan dan menyempatkan diri berfoto bersama.

 

Meski telah menjadi mantan Bupati Konawe, KSK sendiri tetap dipanggil Kemendagri untuk menerima penghargaan secara personal yang diberikan oleh Presiden Jokowi.

 

KSK Dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Penyematan lencana diberikan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

 

Tanda kehormatan tersebut hanya diberikan kepada 15 kepala daerah (gubernur, bupati dan walikota), salah satunya KSK. Hal ini tiada lain berkat jasa KSK dalam membawa Konawe sebagai daerah dengan Kinerja Tinggi se-Indonesia.

 

“Prestasi ini menunjukan kalau putra daerah Sultra juga bisa bersaing dan berdiri sejajar dengan kader daerah lainnya di tingkat Nasional. Kepada Presiden Jokowi dan Menteri Tito Karnavian, kami ucapkan terimakasih. Prestasi ini sangat penting dan prestisius bagi Konawe dan juga Sultra dalam memacu semangat daerah untuk berbuat lebih baik lagi,” terang KSK.

error: Content is protected !!