Kemensos Berikan Bantuan Dana pada Kelompok Kearifan Lokal Kabaruha

waktu baca 2 menit
Kemensos Berikan Bantuan Dana pada Kelompok Kearifan Lokal Kabaruha

MUNA, TRIASPOLITIKA.ID – Kementerian Sosial melalui dirjen perlindungan sosial korban bencana sosial, memberikan bantuan berupa dana terhadap kelompok Kearifan Lokal Kabaruha, yang beralamat di Kelurahan Palangga, Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna.

Bantuan tersebut diberikan sebagai langkah pencegahan konflik sosial dan paham radikalisme yang terjadi di masyarakat.

Bantuan yang diberikan Kemensos merupakan usulan kelompok Kabaruha pada Dinas Sosial Muna, yang juga berdasarkan rekomendasi Dinas Sosial Provinsi Sultra.

Kepala Dinas Sosial Muna, La Kore menuturkan, usulan dari kelompok Kabaruha diteruskan oleh pemerintah mengingat Keluraha Palngga merupakan daerah rawan konflik sosial.

”Melalui kegiatan ini diharapakan pemuda dapat dihimpun dalam suatu kegiatan seni silat ewa wuna dan kegiatan ekonomi produktif seperti ternak ayam potong yang nantinya bisa menjadi contoh untuk masyarakat lainnya,” jelas La Kore saat mengunjungi kelompok kearifan lokal Kabaruha .

Ia juga berharap melalui bantuan tersebut, pemuda yang tergabung dalam kelompok kearifan lokal Kabaruha dapat membuat kegiatan yang bermanfaat, sehingga tidak mengarah ke kegiatan yang memicu kerawanan di masyarakat.

Kemensos Berikan Bantuan Dana pada Kelompok Kearifan Lokal Kabaruha

Kabid Limjansos, Waode Sayembara berharap, bantuan yang diberikan berkelanjutan dalam rangka untuk kelestarian nilai-nilai budaya masyarakat kelurahan Palngga seperti seni silat ewa wuna dan penguatan ekonomi produktif. Apalagi kata dia, saat ini memasuki masa pemulihan pandemi Covid-19.

”Kegiatan yang sudah dilaksanakan kelompok Kabaruha adalah pengadaan barang alat untuk kegiatan Kearifan Lokal seni silat ewa wuna. Selain itu, pengadaan kegiatan ekonomi produktif berternak ayam potong, termaksud kandang, bibit ayam, pakan, obat ternak dan sarana produksi ternak,” jelas Waode Sayembara.

Sementara itu, Ketua kelompok kerifan lokal Kabaruha, Armadan Duari mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh kementerian sosial.

”Kegiatan ini awal dari untuk menghimpun teman-teman, pemuda dan masyarakat kelurahan palangga agar tidak lagi berkumpul untuk kegiatan miras, pemalakan, tawuran yang memicu kerawanan sosial dan paham radikalisme,” ujar Armadan Duari.

Diharapkan, kegiatan tersebut dapat menjadi contoh di masyarakat bahwa berpikir positif dalam menjaga ketertiban di masyarakat itu sangat penting. Selain itu, juga diminta pemuda dapat berinisiatif dalam usaha ekonomi produktif.

Reporter: Bensar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!