Kejari Konawe Pulbaket Kasus Dugaan Korupsi Desa Awua Jaya

waktu baca 2 menit
Kasi Pidsus Kejari Konawe, Rekafit.(Utha/Triaspolitika.id)

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe, dalam waktu dekat bakal memanggil Kepala Desa Awua Jaya serta sejumlah pihak untuk dimintai keterangan, terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa (DD) yang dilaporkan oleh Forum masyarakat desa awua Jaya (Formadewa).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kasi Pidsus Kejari Konawe, Rekafit.

Kata Rekafit, pemanggilan Kades Awua Jaya merupakan salah satu respon Kejari Konawe atas laporan aduan yang di sampaikan warga Awua Jaya melalui Formadewa.

“Karena sifatnya ini masih aduan, jadi langkah awal kita akan mengumpulkan bahan dan keterangan dari pihak-pihak terkait dahulu,” terang Rekafit, Rabu (9/2/2022).

Pengumpulan bahan dan keterangan kata Rekafit, guna memastikan kebenaran laporan yang diterima Kejari Konawe terkait dugaan korupsi DD yang terhitung sejak tahun 2016-2021.

“Disinyalir Korupsi pengadaan empang terpal untuk bibit ikan lele, pembangunan MCK 35 unit, intensif anggota BPD, pengadaan KWH listrik dan dana penyertaan modal Bumdes dan PKTD,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hasil pulbaket penyidik nantinya akan disimpulkan. Apakah laporan tersebut dinaikan ke tahap penyelidikan atau tidak.

“Jika dari hasil keterangan semua pihak yang bersangkutan terdapat indikasi kerugian negara, maka penyidik akan melakukan audit perhitungan kerugian negara,” katanya.

Sebelumnya, Formadewa melaporkan Kades Awua Jaya, Kecamatan Asinua, ke Kejaksaaan Negeri Konawe, terkait dugaan Kasus Korupsi Dana Desa tahun 2016-2021.

Laporan Formadewa terima langsung oleh Arbin Nu’mah selaku, Kasubdit A Intelijen, Kajari Konawe.

Reporter: Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!