Kartu Sehat Konawe Non Aktif, Segara Lapor Dinsos Konawe untuk Reaktifitas Ulang

waktu baca 2 menit
Kadis sosial konawe, Agus Suyono

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), imbau Masyarakat Konawe yang memiliki Kartu Sehat Konawe (KSK) untuk lakukan Reaktifasi jika sudah tidak aktif.

Kadis Sosial, Agus Suyono, mengaku sebagian KIS KSK masyarakat Konawe sudah tidak aktif. Namun jika terdapat hal tersebut segera melapor ke pihak dinsos untuk di aktifkan atau reaktifitas.

“Kami akan cek kalau masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tinggal kita reaktifasi, kalau memang belum masuk maka kita akan input dan masukan dalam DTKS, cukup melampirkan surat keterangan tidak mampu,” kata Agus, Kamis 16/06/2022.

Ia mengungkapkan, KIS yang tidak pernah melakukan aktivasi selama empat bulan berturut-turut secara otomatis akan di nonaktifkan sementara. Untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk rutin memeriksakan kesehatan di Rumah Sakit (RS) atau Puskesmas.

“Setiap bulan di pakai pergi berobat, cek kesehatan atau lainnya, minimal kartu tersebut di gunakan, apa bila tidak di gunakan selama Empat Bulan, kartu tersebut akan langsung di nonaktifkan,” ungkapnya.

Selain itu kata dia, apabila ada anggota keluarga yang baru lahir harus segerah di laporkan dengan memperbaharui KK dan melengkapi data lainnya agar di lakukan pendataan dan terdaftar dalam program tersebut.

Diketahui, kurang lebih 15 ribuh yang di masukan dalam Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda) untuk di masukan dalam kuota Penerima Bantuan Iuran (PBI), sedangkan untuk kuota PBI saat ini Kabulaten Konawe memiliki sebanyak 111 ribuh kuota.

Reporter: Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!