Kapita Konawe Banderano Tolaki Minta Pemda Perhatikan Makam Raja Lakidende

waktu baca 1 menit
Ketua Cabang Kapita Konawe Banderano Tolaki Konawe, Ayub Meronda

KONAWE, TRIASPOLITIKA.ID – Pagar makam Raja Lakidende yang merupakan cagar budaya Kabupaten Konawe, yang ambruk pada November 2021 lalu, belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Padahal, makam tersebut terletak di pusat Kota Unaaha.

Ketua Cabang Kapita Konawe Banderano Tolaki Konawe, Ayub Meronda, menyoal lambannya perbaikan pagar makam Raja Lakidende.

Kata dia, Makam Raja Lakidende merupakan ikon cagar budaya di Konawe, namun terkesan dibiarkan tanpa ada perbaikan dari pihak pemerintah.

“Semua masyarakat Konawe tau, jika Makam Raja Lakidende ini merupakan simbol budaya di Konawe. Tetapi, kenapa realisasi perbaikan pagar sangat lambat untuk di selesaikan,” ujar Ayub, Selasa (25/01/2022).

Untuk itu Ayub berharap, pemerintah daerah harus terlibat aktif dalam pelestarian budaya di wilayah Konawe.

Sebab menurutnya, budaya merupakan cerminan suatu daerah untuk menunjukan adat istiadat, khususnya kearifan budaya lokal.

”Saya harap dinas terkait dalam hal ini Dikbud Konawe, agar lebih memperhatikan peninggalan sejarah yang ada, dan segera merealisasi perbaikan pagar makam raja lakidende,” jelasnya.

Reporter: Utha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!