Jelang HUT Ke 22, DWP Kota Baubau Aktif Berpartisipasi Dibidang Kesehatan dan Ekonomi

waktu baca 4 menit

BAUBAU, TRIASPOLITIKA.ID – Menjelang Hari Ulang Tahunnya (HUT) ke 22, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Baubau aktif berpartisipasi dibidang Kesehatan dan Ekonomi. Hal ini sangat bersinergi dengan tema yang diusung, yaitu “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Bisnis UMKM”.

Saat ditemui di kediamannya, Senin (29/11/2021) Ketua DWP Kota Baubau Dr. Nanik Hindayatiningsih Roni Muhtar, SE. menuturkan, untuk berpartisipasi dibidang Kesehatan, pihaknya telah menggelar Vaksinasi masal dengan target 2350 orang dalam 11 titik lokasi di 8 Kecamatan, yang dibuka dengan resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd., di pelataran Kantor Wali Kota Baubau, Ahad (28/11/2021).

“Sesuai tema yang diangkat pada HUT DWP yang ke 22 ini, yaitu “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Bisnis UMKM”, maka sebagai ketua DWP Kota Baubau saya berpikir, untuk bidang Kesehatan, kegiatan yang paling cocok yang dilakukan dimasa pandemi ini adalah sosialisasi Vaksinasi dan pelaksanaan Vaksinasi,” tuturnya.

Dr. Nanik H. Roni Muhtar mengungkapkan, kegiatan Vaksinasi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk membantu Wali Kota Baubau Dr. H. AS. Tamrin, MH. di dalam menyukseskan program Vaksinasi di Kota Baubau. Di mana, hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam mempercepat vaksinasi agar imunitas masyarakat Indonesia meningkat.

“Itulah peran yang diambil oleh DWP Kota Baubau dibidang kesehatan, yaitu membantu meningkatkan imun masyarakat dengan melakukan kegiatan Vaksinasi. Yang mana dalam kegiatan itu kami menargetkan 2350 orang untuk di Vaksin, namun kenyataannya di lapangan melebihi dari target itu. Karena ternyata masih banyak masyarakat kita yang belum ikut Vaksin,” bebernya

Akademisi UHO ini mengaku, dalam menyukseskan kegiatan tersebut pihaknya sempat khawatir akan tidak tercapainya target yang ditetapkan tersebut. Hal tersebut mengingat sudah banyaknya masyarakat yang telah di Vaksin. Dengan dasar kekhawatiran tersebut, pihaknya memutuskan untuk melakukan door to door dalam mengumpulkan peserta Vaksinasi.

Dr. Nanik H. Roni Muhtar, menyadari, untuk mempersiapkan Vaksin masal tersebut tidaklah mudah, karena berkaitan Tenaga Kesehatan dan konsumsi. Namun berkat peran aktif dari masing-masing bidang dalam kepanitiaan sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan sukses dan lancar. Di mana, konsumsi dalam kegiatan tersebut adalah murni dari swadaya para ibu-ibu DWP Kota Baubau.

Ditambahkan, untuk memeriahkan kegiatan tersebut Untuk itu, para ibu-ibu DWP berkolaborasi untuk melakukan Senam Sosialisasi Vaksin yang disebut dengan Sebam Kreasi Nusantara. Dalam Senam Sebam Kreasi Nusantara tersebut selain untuk meningkatkan imun tubuh, juga ada ajakan tentang bagaimana pentingnya 3M dan Vaksin untuk meningkatkan imun tubuh dimasa pandemi.

“Tentunya semua itu merupakan pengabdian yang tulus dan tanpa pamrih dari ibu-ibu saya yang ada di DWP Kota Baubau serta wujud dari penerapan nilai-nilai PO-5. Selain itu, juga karena adanya rasa cinta pada Bangsa Indonesia serta Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Baubau. Karena rasa cinta itulah, para ibu-ibu saya yang ada di DWP melakukan Senam Kreasi Nusantara,” imbuhnya.

Dr. Nanik H. Roni Muhtar juga mengungkapkan, untuk menghibur para ibu-ibu DWP yang sudah lelah karena persiapan Vaksinasi masal, pihaknya juga melakukan kegiatan lomba tata rias yang diikuti oleh para suami dari ibu-ibu DWP tersebut. Dalam lomba tersebut, para suami yang merupakan seorang ASN Kota Baubau ditantang untuk merias para istrinya.

“Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses, untuk itu saya sangat berterima kasih kepada semua ibu-ibu saya yang ada di DWP, terutama kepada Ny. Hijrah Kasman, S.Pd., Ny. dr. Husna, Ny. Munsira Sudin, S.Sos., M.Si., dan Ny. Nur Bani Darussalam. Di mana, para ibu-ibu saya ini telah rela mengorbankan waktu, harta, tenaga, dan pikiran untuk menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, untuk bidang Ekonomi Dr. Nanik H. Roni Muhtar menuturkan, pihaknya telah membuat Kalender dengan promosi Destinasi Wisata dan Kain Tenun Buton. Di mana, foto dalam kalender tersebut para ibu-ibu DWP Kota Baubau berpose di berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Baubau dengan menggunakan kain Tenun Buton dalam berbagai motif dan corak.

“Nanti pada puncak kegiatan tepatnya tanggal 7 Desember 2021, kami juga akan mengadakan lomba pembuatan Nasi Tumpeng, untuk mencari bibit baru Wirausaha dibidang ini. Selain itu, kami juga akan menampilkan 484 buah sarung Tenun Buton hasil karya masyarakat Baubau. Inilah implementasi dari pada tema yang di angkat, yaitu Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Bisnis UMKM,” Tutupnya.(Adm)

error: Content is protected !!