Inspektorat Sultra Monev Dana Desa di Koltim

waktu baca 2 menit

KOLTIM, TRIASPOLITIKA.ID – Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) penggunaan Dana Desa Tahun 2022 dan 2023 di Kolaka Timur pada hari ini Rabu (27/09/2023).

Kecamatan Aere dan Kecamatan Dangia merupakan target Monev Dana Desa yang dilakukan Inspektorat Daerah Sulawesi Tenggara.

Adolfina selaku ketua Tim Monev DD di Kolaka Timur mengatakan bahwa tujuan ITDA Sulawesi Tenggara melakukan Monev adalah untuk memastikan Dana Desa digunakan dengan tepat.

“Tujuan kami adalah memastikan bahwa Dama Desa ini digunakan dengan benar dan tepat di masyarakat” ucap Adolfina

Adolfina melanjutkan bahwa tujuan lain dari monitoring adalah memastikan apakah Dana Desa bermanfaat untuk masyarakat.

“Selama ini kami tidak pernah masuk ke Dana Desa, tapi siapa tahu salah satu dari desa ini akan menjadi sampel dari KPK, apalagi tahun ini di Konawe itu ada satu desa menjadi percontohan Desa Anti Korupsi” papar Adolfina

Menurutnya kasus hukum itu bukan hanya karena adanya kerugian negara atau daerah, namun juga karena administrasi yang tidak lengkap.

“Jadi bapak ibu selama melaksanakan kegiatan tolong bukti- buktinya harus lengkap,” tegas Adolfina.

Sementara itu, Kabid Pemdes DPMD Kolaka Timur mengatakan bahwa monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan ini akan dilanjutkan meninjau kegiatan di lapangan.

“Kita periksa dulu dokumennya, kemudian nanti kita turun di lapangan,” kata Kusram Maroli.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi oleh Inspektorat Daerah Sulawesi Tenggara dimulai sejak pagi bertempat di Kecamatan Aere kemudian dilanjutkan di Kecamatan Dangia.

Monev tersebut berakhir sekitar pukul 21.30 wita dengan melihat kegiatan pembangunan di Desa Mulia Jaya, Kecamatan Dangia.

Reporter: Hery

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!