Harmin Ramba Kunker di Puriala, Warga Keluhkan dampak Elnino

waktu baca 2 menit
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba, bersama Kadis Kominfo Muh. Akib Ras dan Kadis DLH Heriyanto Wahab

TRIASPOLITIKA.ID : KONAWE – Pj Bupati Konawe Harmin Ramba lakukan kunjungan kerja atau kunker di Kecamatan Puriala, Senin 20/11/2023.

 

Dalam lawatanya itu, masyarakat Puriala meminta agar pemerintah daerah Konawe memberikan solusi kepada petani terkait ketersediaan air untuk pertanian.

 

Hal itu di sampaikan Wahiya. Ia mengatakan, dampak kemarau panjang ini, sekitar 1000 hekatar lahan sawah di Puriala kekurangan air pertanian. Imbasnya sebagai sawah tidak di garap.

 

“Sekarang musim kemarau susah air. Padahal, kami petani sangat membutuhkan air. Kebetulan ada Pak Bupati, kami minta bantuan pemerintah daerah (Pemda) Konawe supaya petani di Puriala ini dapat perhatian. Kami juga ingin tahu apakah air dari bendungan Ameroro itu sampai di kecamatan Puriala,” curhat Wahiya.

 

Menanggapi keluhan warga, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba bakal membuatkan sumur air tanah untuk masyarakat. Hal itu sebagai solusi untuk menyediakan air untuk kebutuhan pertanian.

 

Ia juga menyampaikan, tahun ini bendungan Ameroro di agendakan mulai genangan, bendungan ini akan menjadi solusi jangka panjang bagi petani dengan ketersediaan air baku untuk pertanian di Konawe termaksud lahan di kecamatan Puriala.

 

” Sebagai kebutuhan jangka pendek, nanti di buatkan sumur air tanah untuk kebutuhan pertanian. Saya suruh cek Dinas PUPR Konawe. Apakah bisa ditambah pintu-pintu saluran irigasi di Puriala. Itu bisa kita maksimalkan sambil menunggu kelarnya bendungan Ameroro,” tandasnya.

error: Content is protected !!