Golkar usung Darwin di Pilkada Mubar, Kader Partai Silang Pendapat

waktu baca 4 menit
Pengurus partai Golkar saat Rapimda di Mubar.|Dedi/Triaspolitika.id

MUBAR, TRIASPOLITIKA.ID – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar Rapat pimpinan daerah (Rapimda) di Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), Sabtu (8/7/2023).

Rapimda dilaksnakan untuk mengusung figur potensial yang nantinya bakal diusung pada kontestasi Pilkada 2024 mendatang.

Berdasarkan Rapimda Golkar Mubar, 10 DPC dari 11 kecamatan di wilayah tersebut memilih dan memutuskan pilihan kepada La Ode Darwin sebagai Calon Bupati Muna Barat 2024 mendatang.

Kendati demikian satu diantaranya yaitu DPC Sawerigadi menjatukan usungannya kepada La Ode Amsar sebagai Bakal Calon Bupati Mubar. Pendaftaran La Ode Amsar sebagai kandidat bakal calon bupati Mubar dari partai Golkar di terima langsung oleh ketua Bappilu Wilayah Kepulauan Abu Hasan.

Masuknya dua nama di Golkar Mubar, menjadikan kader partai beringin di wilayah tersebut terpaksa harus silang pendapat. Sejumlah politisi Golkar Mubar menyebut La Ode Darwin adalah sosok yang komunikatif, baik terhadap pengurus yang ada di DPD I, DPD II maupun pengurus Golkar yang ada di DPC.

Namun ada sebagian kader partai Golkar juga menilai jika La Ode Amsar merupakan sosok figur yang layak dipertimbangkan, mengingat La Ode Amsar merupakan Kader dari partai Golkar yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota.

Sementara itu Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Sultra Ridwan Bae menyatakan, jika La Ode Darwin merupakan sosok figur aktif dalam berkomunikasi dengan partai.

“La Ode Darwin adalah orang yang semangat dan aktif berkomunikasi dengan kita. Hanya La Ode Darwin. Kader lain hampir tidak ada yang berhubungan dengan saya,” kata Ridwan Bae ditemui usai pelaksanaan Rapimda Golkar Mubar.

Kendati demikian, mantan Bupati Muna dua periode itu tak menampik jika ada kader partai Golkar Mubar yang berpotensi diusung oleh partai. Hanya saja kata dia, saat ini kader Golkar tersebut belum melakukan komunikasi dengan dirinya maupun partai.

“Bukan tidak ada, tetapi yang aktif berkomunikasi dengan kita baru saudara Darwin. Yang saya tau itu, kalau yang lain sama sekali tidak pernah, nelfon pun tidak pernah, kalau kepada saya sih, kalau yang lain saya tidak tau,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Mubar La Ode Agus menuturkan, pada Rapimda Mubar 10 DPC Golkar menandatangani dukungan kepada La Ode Darwin sebagai balon Bupati dari partai Golkar.

Namun kata Agus dukungan dari 10 DPC Golkar bukan jaminan untuk dijadikan acuan sebagai syarat mendapatkan pintu partai Golkar dalam Pilkada kedepan. Menurutnya, pengusungan partai terhadap figur memiliki proses yang panjang.

“Walaupun dalam Forum Rapimda 10 DPC menandatangani dukungan kepada La Ode Darwin, tetapi yang harus di ingat jika La Ode Muhammad Amsar yang telah mendaftar secara langsung sebagai calon Bupati Mubar melalui Partai Golkar dan didukung oleh DPC Sawerigadi,” katanya.

Apa lagi kata Agus, surat pendaftaran La Ode Muhammad Amsar sudah diserahkan langsung kepada wakil ketua pemenangan Pemilu wilayah kepulauan yang nantinya dapat ditindak lanjuti.

”Bahwa soal selembar kertas itu bukan sesuatu yang final. Meskipun saya ikut bertandatangan,” kata Agus.

Politisi muda Partai Golkar itu mengungkapkan, berdasarkan hasil Rakernas dan Rapimnas menyatakan bahwasanya partai akan mengutamakan kader dalam mengusung figur potensial.

“Namun yang saya tegaskan bahwa saat ini Amsar juga mendaftar sebagai kader partai Golkar dan mendapat dukungan DPC sementara Darwin merupakan figur yang bukan kader dari partai,” terangnya.

Baca Baerita Terkait Lainya :
Keputusan telak di Rapimda Golkar, LM Ihsan Taufik Konsisten Rebut Kursi Bupati Muna

Ketau DPC Partai Golkar Sawerigadi La Ode Ata mengaku tidak menandatangani hasi Rapimda saat pengusungan La ode Darwin sebagai balon Bupati dari Golkar.

La Ode Ata lebih memilih mengusulkan La Ode Amsar sebagai balon Bupati Mubar dari partai Golkar. Sebab kata dia, La Ode Amsar merupakan kader partai Golkar yang yang memiliki kartu tanda anggota serta putra daerah Mubar.

“Dia (La Ode Amsar) punya niatan baik untuk membesarkan partai Golkar dan selama pemilihan, rumpun keluarga besar La Ode Muhammad Amsarlah yang membesarkan partai Golkar. Terbukti, di tempat Kelahiran Laode Amsar, partai Golkar selalu menang dalam setiap momentum pemilu, baik Pilcaleg maupun pilkada,” katanya.

Terkait dengan sikap dan tidak mau bersama-sama dengan 10 DPC lain untuk Mendukung La Oode Darwin, Ia mengaku bahwa itu merupakan sikap politik DPC Sawerigadi yang merujuk hasil Rakernas dan Rapimda.

“Kalau yang lain saya tidak tahu. Tapi yang pasti DPC Sawerigadi punya pandangan sendiri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Rapimda Golkar Mubar turut dihadiri ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Sultra Ridwan Bae, Ketua DPD II Partai Golkar Uking Djasa, Sekretaris DPD II Partai Golkar La Ode Agus, serta seluruh DPC Partai Golkar Mubar.

Reporter: Dedi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!