oleh

Gelar Pilkades, Pemda Muna Siapkan Anggaran Rp1,2 Miliar

MUNA, TP – Pemerintah Kabupaten Muna, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), jelang Pemilihan Kepala desa (Pilkades) 17 November 2021 kesiapan anggaran Rp1,2 miliar.

Rustam Kepala DPMD Muna mengatakan, telah mengusulkan anggaran Pilkades tahun 2021 sebesar Rp 1,9 M. Namun dalam perjalanan direcofusing menjadi Rp 1,2 miliar APBD 2021.

“Tetap kita laksanakan pilkades serentak meskipun anggarannya direcofusing, Jumlah peserta Pilkades 60 desa untuk tahap awal, kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” ujar Rustam, Selasa (15/6/2021).

Kata dia, permendagri tidak mengenal batas usai maksimal minimal 25 tahun. Tapi dalam Perda nomor 1 tahun 2018 memuat ketentuan batas usia maksimal 60 tahun.

“Nanti kita kroscek ke Biro Hukum Provinsi Sulawesi Tenggara, apakah kita konsinten dengan batas usia maksimal bagi calon kades itu 60 tahun,” katanya.

Kemudian calon incumbent wajib melampirkan rekomendasi bebas temuan dari Inspektorat Kabupaten Muna sesuai Perbup. Pilkades sudah terbentuk tinggal menunggu SK desk pilkades kabupaten yang ditanda tangani oleh Bupati Muna.

Reporter: Bensar Sulawesi

BERITA PILIHAN