oleh

Gara-gara Ditolak Rumah Sakit, Seorang Ibu di Kendari Terpaksa Melahirkan di Mobil

KENDARI, TRIASPOLITIKA.ID – Seorang ibu bernama Mutmainnah asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), terpaksa harus melahirkan di dalam mobil, pada Selasa (23/11/2021) malam.

Mutmainnah melahirkan di mobil setelah sebelumnya ditolak untuk dilayani oleh pihak di Rumah Sakit Aliyah 2 Kendari, karena mengikuti prosedur jaminan Kesehatan BPJS.

Suami Mutmainnah, Sujatman menuturkan, saat ia mengantar istrianya ke RS Aliyah 2 Kendari untuk melakukan proses persalinan pihaknya ditolak.

“Pihak rumah sakit menyuruh kami pulang dengan alasan istri saya masih dalam pembukaan kedua,” kata Sujatman, Rabu (24/11/2021).

Saat hendak pulang kata Sujatman, ditengah perjalanan istrinya tiba-tiba melahirkan di dalam mobil. “Kemudian kami kembali lagi ke rumah sakit tersebut agar secepatnya dilakukan pertolongan pertama oleh pihak rumah sakit. Sayangnya, Sujatman bersama sang istri tidak mendapat pelayanan karena hanya membawa BPJS Kesehatan ” ungkapnya.

Salah satu Bidan Rumah Sakit Aliyah 2 Kendari, Adem Basrina yang dikonfirmasi mengatakan, sesuai dengan prosedur BPJS Kesehatan, untuk pelayanan dengan menggunakan BPJS kesehatan dalam proses persalinan dari pihak rumah sakit hanya melayani ketika kondisi pasien dalam keadaan pembukaan keempat.

“Prosedur dari BPJS Kesehatan memiliki criteria tersendiri untuk persalinan normal. Jika pasien sudah dalam keadaan emergency atau pembukaan keempat itu tidak perlu rujukan langsung kami layani, namun, kondisi pasien masih dalam keadaan normal (pembukaan kedua) tanpa ada rujukan. Setelah itu kami langsung mengarahkan ke Puskesmas terdekat terlebih dahulu,” kata Adem.

Dikatakan Adem, pulangnya pasien (Mutmainnah) atas permintaan keluarga sendiri agar bisa pulang terlebih dahulu. “Untuk pelayanan dari rumah sakit, kami sudah sesuai prosedur,” kata Adem.

Menanggapi hal itu, Staff Pengaduan BPJS Kendari, Wawan mengatakan, peristiwa itu merupakan kesalahpahaman antara pihak rumah sakit dengan pasien.

“Memang dari pemberlakuan kartu JKN KIS sendiri ada kondisi-kondisi tertentu emergency maupun non emergency yang terjadi pada peserta, untuk kondisi awal hasil pemeriksaan dari rumah sakit belum masuk kategori yang bisa langsung ditangani oleh pihak rumah sakit dan sudah diarahkan ke puskesmas terdekat,” ungkap Wawan.

Untuk diketahui, Mutmainnah beserta anak dalam kondisi sehat dan kini di rawat di Rumah Sakit Aliyah 2 Kendari.

Reporter: Ahmad

Komentar

BERITA PILIHAN