Gandeng USN Kolaka, Antam Tingkatkan Kapasitas Mitra Binaan Penerima Dana PK

waktu baca 2 menit

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – PT Antam Tbk bekerjasama Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, menggelar program peningkatan kapasitas terhadap mitra binaan penerima dana Program Kemitraan (PK).

Kegiatan tersebut dibalut melalui pendamping dan pelatihan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus USN Kolaka, Selasa (22/11/2022).

Rektor USN Kolaka Nur Ihsan menuturkan, program tersebut digagas untuk meningkatkan portofolio pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah menjadi mitra binaan dari Aneka tambang Kolaka.

Selama ini kata Ihsan, pihaknya tengah fokus menyiapkan sumber daya manusia unggul, agar dapat menjadi pelaku usaha produktif dan dapat bersaing dengan dunia global.

“USN Kolaka juga giat dalam mengembangkan produk yang dihasilkan mahasiswa. Misalnya, saat ini beberapa kelompok usaha mahasiswa melakukan pameran di Surabaya,” katanya.

Pameran merupakan salah satu peluang pemasaran yang baik. Untuk itu Ihsan berharap para pelaku usaha dapat memanfaatkan peluang pemasaran produk melalui marketing digital.

“Jngan melupakan kearifan lokal. Ayo manfaatkan sumber daya alam asli Kolaka,” tandasnya.

Business Support Senior Manager PT Antam Tbk UBPN Kolaka, Ridho Anggoro turut hadir dalam acara tersebut.

Ridho Anggoro bilang, kegiatan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM.

Kata Ridho, PT Antam sudah berkomitmen bakal bersinergi dengan USN Kolaka dalam meningkatkan kualitas UMKM.

Ia menilai saat ini pelaku UMKM di Kolaka sudah mandiri, sebab dana yang di pinjam selama ini berjalan lancar.

Menurutnya, salah satu indikator pelaku UMKM yang naik kelas dapat dilihat dari jangkauan market atau pasarnya bertambah luas dari waktu ke waktu, serta memiliki produk usaha baru.

“Serta terdapat penambahan jumlah tenaga kerja pada bidang usaha tersebut,” jelasnya.

Dia berharap, pelatihan yang sudah dilaksanakan bisa didasari keinginan dari para pelaku UMKM.

“Antam dan USN hanya mampu memfasilitasi kebutuhan pelaku usaha. Sementara peluang keberhasilan usaha ditentukan oleh niat dan motivasi para pelaku usaha masing-masing,” tandasnya.

Reporter : A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!