oleh

DPRD Sampaikan Pandangan Umum APBD Butur, Begini kata Bupati

BUTUR, TP – Anggota Dewan Perwaklan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (BUTUR) Menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buton Utara tahun anggaran 2020, Sabtu (17/10).

Ketua fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjungan PDIP Fatruah menyampaikan pandangan umum terhadap APBD Butir yakni, perubhan APBD tahun 2020 merupakan momentum yang sangat penting bagi kelanjutan pelaksanaan pemerintahan, apalagi situasi dalam pamdemi COVID-19 ini hendaknya pemerintah daerah lebih efisien dalam merealisasikan pembelanjaan keuangan daerah.

Selain itu kata dia yang terpenting adanya dukungan pengambilan langka dalam kesesuaian rancan perubahan APBD serta perlu konsisten dalam rancangan penjabaran APBD dan rancangan kerja RKA tiap OPD.

Kata Fatriah, penanganan pandemi COVID-19 diberlakukan dan memberikan rincian penggunaan anggaran meliputi kesehatan dan pengadaan jaring pengamanan sosial melalui pemberian bantuan kepada masyarakat dan terhadap dampak ekonomi.

“Kami dari fraksi partai demokrasi indonesia perjuangan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Buton Utara yang telah memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD,” ujarnya Fatriah.

Ketua fraksi Partai Amanat Nasional, Josri menyampikan pandangan dalam perencanaan penganggaran dan program kerja pada organisasi perangkat daerah harus sesuai mekanisme yang berlaku.

Selain itu kata dia, terhadap pertimbangan pembagian anggaran tidak memperhatikan besaran tugas pada tiap-tiap OPD. Meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan, peningkatan kesehatan dan infrastruktur dasar pada sektor tata ruang daerah. Selain itu kami menyoroti minimnya nilai pendapatan asli daerah yang tidak mampu menunjang modal pengembangan daerah.

“Dimana perencanaan penganggaran dan program kerja tersebut dikerjakan atau disusun dengan baik, kami mengingatkan dalam tanggal 9 desember 2020 mendatang akan ada penyelenggaraan pemilu kepala daerah Kabupaten Buton Utara, kami mengingatkan kepada kepala OPD agar menaati peratuaran dan netralisai,” jelasnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Butur, Heri Alamsyah menyikapi pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Buton Utara saya menyampaikan teriman kasih dan apresiasi atas persetujuan pembahasan APBD guna menyempurnakan dalam upaya penimgkatan dan mempercepat pencapaian tujuan pembangunan daerah.

“Menjawab usulan dari pandangan umum fraksi-fraksi terkait pengelolan keuangan daerah mulai dari perencanaan dan penganggaran penatausahaan dan pertanggung jawaban keuangan, kami sampaikan bahwa pengelolan keuangan daerah senantiasa kita jalankan secara konsisten diatas kaidah dan regulasi yang ada sehingga tidak terjadi deviasi yang menyebabkan pengeluaran daerah tidak terkendali,” ujarnya.

Reporter: Irma

Komentar

BERITA PILIHAN