oleh

Disdukcapil Mubar gunakan SIAK, Pembuatan KTP Elektronik Lebih Dipermudah

MUBAR, TRIASPOLITIKA.ID – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pasalnya, warga yang hendak membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak harus bersusah payah lagi. Sebab, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, telah mendatangkan server Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK).

Sistem administrasi kependudukan merupakan langkah pemerintah dalam upaya mengatasi kendala saat melakukan perekaman yang selama ini terjadi.

Kadisdukcapil Mubar Burhanuddin mengatakan, server SIAK berguna untuk memudahkan pelayanan. Melalui SIAK, perekaman KTP-el nantinya bakal dilakukan secara mobile.

“Alat server SIAK sudah ada di Kendari. Jadi satu atau dua hari ini akan tiba di kantor. Insha Allah, perekaman KTP tidak terkendala lagi,” kata Burhanuddin, Kamis (30/12/2021).

Kata dia, selama ini Disdukcapil hanya melakukan perekaman KTP melalui mobile. Dikatannya, SIAK lebih praktis penggunaannya dan bisa dibawah kemana saja.

“Alat ini akan memudahkan kita. Karena bisa dibawa kemana-mana. Jadi, nantinya juga kita akan lakukan pelayanan keliling. Kemudian kalau didukung dengan jaringan, KTP nya langsung jadi di tempat,” jelasnya.

Burhanuddin berharap, dengan pengadaan server lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), masyarakat bisa terlayani dengan maksimal tanpa ada kendala lagi. “Semoga pelayanan terhadap masyarakat, bisa berjalan efektif dan efisien nantinya,” pungkasnya.

Reporter: Dedi

Komentar

BERITA PILIHAN