oleh

Dirjen Kementrian ESDM Serahkan Bantuan Mesin hasil Konversi BBM ke BBG

KOLAKA, TP – Direktur jendral (Dirjen) perencanaan dan pembangunan infrastruktur minyak dan gas, Kementrian ESDM RI menyerahkan ratusan mesin perahu hasil konversi dari Bahan bakar minyak (BBM) ke Bahan bakar gas (BBG) terhadap sejumlah nelayan di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Sabtu (21/11/2020).

Mesin perahu jenis BBG dinilai lebih hemat 50 persen dibanding mesin perahu yang masih menggunakan BBM jenis solar. Mesin tersebut diberikan khusus nelayan yang dalam kesehariannya melakukan penangkapan ikan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dirjen perencanaan dan pembangunan infrastruktur migas Kementrian ESDM RI, Alimuddin Baso menuturkan, penyerahan bantuan tersebut merupakan salah satu program yang diamanatkan pada peraturan presiden nomor 38 tahun 2019.

Bantuan tersebut kata Alimuddin, diserahkan secara cuma-cuma untuk nelayan kecil, supaya para nelayan yang kesehariannya mengandalkan perahu sebagai penopang hidup bisa lebih menghemat bahan bakar.

”Kita menyerahkan bantuan ini secara cuma-cuma terhadap nelayan kecil. Dan ini merupakan bantuan pertama di Kolaka yang kami serahkan. Rencananya tahun depan akan ada lagi bantuan mesin perahu konversi BBG di Kolaka,” kata Alimuddin Baso.

Setidaknya ada sekitar 374 mesin konversi bahan bakar gas yang diserahkan ke nelayan Kolaka. Untuk itu, dirjen berharap, bantuan mesin konversi BBG yang diserahkan kepada nelayan dapat digunakan sebagai alat produksi dengan baik.

Dirjen juga meminta pada nelayan untuk tidak menjual bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah.

Reporter : A. Jamal

Komentar

BERITA PILIHAN