Diprediksi Cuaca Buruk Terjadi Hingga Akhir Februari, Ini Imbauan BMKG Kendari

waktu baca 2 menit
Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Sugeng Widarko.

KENDARI, TRIASPOLITIKA.ID – Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) diprediksi akan menghadapi cuaca buruk hingga akhir Februari 2022 mendatang.

Menyikapi hal itu, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Sugeng Widarko meminta masyarakat Sultra agar lebih waspada, mengingat kondisi cuaca yang kian memburuk beberapa hari terakhir.

Sugeng juga meminta masyarakat agar melakukan perjalanan selalu memperhatikan informasi yang dikeluarkan BMKG.

“Jika tidak memungkinkan untuk berlayar, bisa ditunda saja. Tetapi jika terpaksa harus berlayar, saya harap untuk memerhatikan peralatan keselamatan,” ujar Sugeng pada sejumlah awak media Senin, (21/2/2022).

Sugeng menyebutkan ada beberapa wilayah Kepulauan yang diprediksi bakal menghadapi cuaca buruk, seperti di Kabupaten Muna, Buton, Wakatobi dan Pulau Kabaena.

Selain itu, di beberapa wilayah juga diprediksi berpotensi hujan sedang hingga lebat dan dibarengi dengan angin kencang.

“Untuk daerah Kepulauan, ketinggian gelombang diprediksi mencapai 2,5 hingga empat meter,” kata Sugeng.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari itu mengungkapkan, jika imbauan tersebut diberlakukan sejak hari ini hingga akhir Februari 2022.

Sugeng menambahkan, cuaca buruk yang melanda wilayah Sultra merupakan fenomena monsun baratan dibarengi dengan gelombang ekuatorial dan kondisi labilitas udara lokal yang intensif.

Reporter: Ahmad

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!