Dinkes Temukan Produk Kedaluwarsa di Ritel Kolaka

waktu baca 2 menit
Dinkes Temukan Produk Kedaluwarsa di Ritel Kolaka

KOLAKA, TRIASPOLITIKA.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menemukan sejumlah produk kedaluwarsa disalah satu ritel yang ada di kota Kolaka.

Produk kedaluwarsa ditemukan petugas kesehatan saat melakukan pengawasan pangan jelang Natal dan Tahun Baru 2023 di sejumlah distributor, toko ritel, dan swalayan.

Kepala Dinkes Kolaka Harun Masirri mengatakan pengawasan pangan menjelang hari raya natal dan tahun baru rutin dilakukan disetiap tahunnya.

Tujuan pengawasan tersebut kata dia, guna melindungi masyarakat dari produk – produk yang tidak memenuhi syarat.

Menurut Harun, pangan yang tidak memenuhi syarat untuk dijual yaitu kadaluarsa, rusak serata kemasan rusak.

“Kita turun ke distributor maupaun ritel modern guna memastikan sejauh mana perlakuan makanan dan minuman, terkait penyimpanan hingga pendistribusian kepada masyarakat,” ujarnya, Selasa (20/12/2022).

Kata dia, setelah melakukan pengawasan secara sampling, pihaknya berhasil menemukan beberapa produk yang sudah kedaluwarsa.

Selain itu kata dia, terdapat juga kemesan rusak namun masih dipajang oleh salah satu ritel modern yang ada di Kolaka.

”Bahkan produk tersebut sengaja dicampur dengan produk yang masih layak untuk dikomsumsi,” ungkap Harun Masirri.

Usai menemukan hal tersebut Harun mengaku langsung memberikan pembinaan kepada karyawan ritel, agar pangan yang kedaluwarsa segera dipisahkan dari produk yang dipajang.

Ia meminta masyarakat untuk teliti dalam memilih produk makanan yang bakal dibeli, dengan cara memeriksa kemasan, memeriksa tanggal kadaluarsa serta memeriksa izin edar produk.

Pihak Dinas Kesehatan Kolaka bakal terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap distributor dan toko – toko penyalur produk makanan.

”Jika masih ketahuan melakukan pelanggaran, tidak menutup kemungkinan akan diberikan sanksi berupa tindakan penarikan produk hingga sanksi hukum sesuai aturan yang berlaku,” tandas Harun Masirri.

Reporter: A. Jamal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!