oleh

Dinas Koperasi dan UKM Mubar Gelar Sosialisasi Kebijakan Sumber Permodalan Usaha

MUBAR, TP – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar sosialisasi kebijakan Pemerintah mengenai sumber-sumber permodalan usaha bagi pelaku usaha yang tersebar di Kabupaten setempat, Selasa (3/11/2020).

Kegiatan yang bertema “Peran Pemerintah Terhadap Pelaku Usaha dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional” itu, dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mubar Achmad Lamani, yang didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM.

Dalam sambutannya, Achmad Lamani mengatakan salah satu sektor yang berperan dalam pembangunan ekonomi adalah bidang koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), maka dibutuhkan perhatian yang besar terhadap koperasi dan UMKM dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Daerah.

“Agar Koperasi dan UMKM memiliki peran dalam kehidupan ekonomi rakyat, maka kedua hal tersebut harus mampu menjadi penyeimbang dalam kegiatan ekonomi dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Mantan Sekda Mubar tersebut menambahkan yang tidak kalah pentingnya untuk menjadi perhatian bersama adalah, Koperasi dan UMKM harus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Koperasi dan UMKM harus mengadaptasi kemajuan teknologi, sistem manajemen yang baik dan memperhatikan setiap perubahan yang ada disekitarnya.

“Upaya yang dapat kita lakukan antara lain pembinaan dan pelatihan secara profesional dalam rangka mendorong pengalihan teknologi serta manajerial secara intensif kepada pelaku usaha koperasi dan UMKM,” katanya.

“Oleh karena itu, untuk mencapai upaya tersebut perlu mendapatkan perhatian Pemerintah terutama dalam rangka peningkatan dana pembinaan yang bersumber dari APBD,” tambah Achmad Lamani.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Mubar, Takari Abdullah menyebut tujuan dari kegiatan sosialisasi tersebut adalah memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha khususnya koperasi dan UMKM mengenai kebijakan pemerintah yang berpihak kepada pelaku usaha dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan usaha yang dikelola oleh koperasi dan UMKM.

“Harapan kami semoga sosialisasi ini bisa bermanfaat bagi para pelaku usaha koperasi dan UMKM dan tentunya kami dari pemerintah akan terus mendampingi dan perhatian kepada mereka dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Mubar ini”, papar Takari Abdullah.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri, Camat Kusambi Takari Abdullah, Kepala Desa Kusambi Ali Mochtar Jaya Katarman, serta dari pihak Kejaksaan Negeri Muna Ruslan, pihak BRI cabang Lawa, dan dihadiri pula para tamu undangan yang terdiri dari sebanyak 150 para pelaku usaha yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Mubar. Giat tersebut digelar di gedung serba guna Desa Kusambi.

Reporter: Dedi

Komentar

BERITA PILIHAN