Dewan Pers gelar UKW di Sultra, 42 Wartawan bakal Diuji Kompetensi

waktu baca 1 menit
Ketua PWI Sultra, Sarjono.

KENDARI, TRIASPOLITIKA.ID – Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. UKW yang dilaksanakan selama dua hari 11 – 12 Agustus 2023 bakal diikuti 42 wartawan.

“Dewan Pers menunjuk dua lembaga uji, yakni Perum LKBN Antara Biro Sultra dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, sebagai penyelenggara,” kata Ketua PWI Sultra Sarjono.

Kata Sarjono, PWI Sultra mengapresiasi kepercayaan Dewan Pers dan PWI Pusat atas penyelenggaraan UKW di Sultra.

“UKW bukan sekadar program unggulan organisasi tetapi tolok ukur profesionalitas seorang wartawan dalam menjalankan profesi kewartawanan,” kata Sarjono yang karib disapa Kopral Jono.

PWI Sultra menggelar uji kompetensi untuk 18 orang, yakni 12 orang jenjang Muda dan 6 orang jenjang Utama.

Sedangkan LKBN Antara Biro Sultra memfasilitasi uji kompetensi 24 orang wartawan yang terdiri dari jenjang Muda 18 orang dan jenjang Utama 6 orang.

Sarjono mengajak anggota PWI peserta uji kompetensi agar optimistis, karena sesungguhnya materi uji sudah dipraktekan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas kewartawanan.

“Kecuali dia bukan seorang wartawan yang konsisten menjalankan tugas-tugas peliputan yang kuatir tidak kompeten,” tutur Sarjono.

Selain UKW yang dihelat di Kota Kendari, PWI juga menggelar UKW mandiri yang diselenggarakan PWI Kota Baubau 14-15 Agustus 2023 yang diikuti 18 orang.

Editor : M. Azril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!